Pesta Ultah WNA di Bali, Polres Badung: Acara Privat & Tak Ada Info

Oleh: Adi Briantika - 14 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Terkait informasi viral ihwal warga negara asing (WNA) berpesta di tengah pandemi Covid-19, Polres Badung membenarkan peristiwa tersebut dan baru mengetahui setelah viral di medsos.
tirto.id - Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi membenarkan informasi viral ihwal sekelompok warga negara asing (WNA) berpesta di sebuah vila di Bali selama masa pandemi Covid-19.

"Memang benar ada acara tersebut di salah satu vila di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi. Acara privat, tidak untuk umum dan merupakan acara ulang tahun," ucap dia ketika dihubungi Tirto, Selasa (14/4/2020).

Informasi sekelompok WNA berpesta di sebuah villa di Badung, Bali. Dalam potongan video yang diunggah oleh instagram @infobalitoday, terlihat beberapa WNA dengan VJ menggelar pesta di saat aturan physical distancing dan larangan kerumunan diterapkan.

Pesta itu berlangsung pada Minggu (13/4), sekitar pukul 20.00 WITA, dihadiri 15 orang, tanpa ada jasa pelayanan dan pelayan vila, serta tidak ada pemberitahuan kegiatan itu ke aparat setempat.

"Kami pun baru dapat info acara ini setelah viral. Untuk upaya hukum, kami sudah lakukan pembinaan dan penyuluhan kepada pengelola vila dan tamu atas nama Joe yang menyewa vila, untuk tetap mematuhi aturan physical distancing," jelas Roby.

Pengelola vila dan tamu sudah paham, tamu juga meminta maaf agar tidak mengulangi perbuatan serupa. Roby menyatakan pihaknya fokus kepada sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, tapi para tamu tersebut tidak diimbau untuk memeriksakan kesehatan usai berkumpul.

Per 13 April 2020, pukul 16.10, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 4.557 orang. 3.778 pasien masih dalam perawatan. Angka ini setara 82,9 persen dari total kasus positif Corona di negara ini.

Jumlah kematian pasien positif Covid-19 di Indonesia ada 399 jiwa. Tercatat ada 26 kasus kematian baru dalam sehari terakhir. Sementara, persentase case fatality rate (CFR) atau rasio kematian akibat Corona di Indonesia berada di level 8,75 persen.

Bali menempati peringkat ke-8 kategori provinsi dengan total kasus positif Covid-19 tertinggi yakni 86 kasus (20 sembuh dan 2 meninggal).


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri
DarkLight