STOP PRESS! Hatta Taliwang Ditangkap, Diduga Lakukan Ujaran Kebencian

Peserta Long March Aksi 212 Lanjutkan Perjalanan dengan Bus

Reporter: Agung DH
01 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
Peserta Long March Aksi 212 Lanjutkan Perjalanan dengan Bus
Massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) berjalan kaki menuju Jakarta di Jalan Raya Tasikmalaya-Malangbong, Kampung Cipeudeuy, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (29/11). Aksi mereka itu dalam rangka menuntut kepada pemerintah untuk mengusut tuntas dugaan penistaan agama yang dilakukan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.
tirto.id - Ribuan peserta aksi demo 212 dari Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 yang long march atau jalan kaki dari Ciamis sejak Senin (28/11/2016), akhirnya memutuskan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menggunakan bus dari Padalarang, Bandung.

Pimpinan Ponpes Miftahul Huda 2 Ciamis, KH Nonop Hanafi, kepada Antaranews, Kamis (1/12) petang menyampaikan ribuan santri itu sebenarnya telah sampai di Bandung, namun mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki karena akan terlambat mengikuti acara aksi super damai doa bersama di Monas.

"Posisi kami saat ini masih di Bumi Parahyangan Bandung, tepatnya di Padalarang. Kami memutuskan untuk naik bus karena kalau memaksakan jalan kaki malah tidak terkejar acaranya," katanya.

Rombongan peserta aksi 212 yang dipimpin Nonop akan mulai melanjutkan perjalanan sekira pukul 22.00 WIB dengan tujuan perhentian akhir Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

"Sekarang sudah dapat 15 bus yang mau antar, masih menunggu tambahan lagi supaya bisa mengangkut semua kira-kira 20 bus," ujar Nonop.

Di sisi lain, ia juga menegaskan meski masih menunggu beberapa bus tambahan pihaknya tidak menemui kendala berarti untuk mendapatkan bus yang mau mengangkut rombongan peserta Doa Bersama di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Jumat (2/12).

"Alhamdulillah tidak ada kendala, cuma kami memang masih menunggu supaya bisa terangkut semua," katanya.

Sebelumnya, ribuan santri dan santriwati Ponpes Miftahul Huda 2 Ciamis pimpinan KH Nonop Hanafi memutuskan untuk berjalan kaki ke Jakarta demi mengikuti Doa Bersama. Mereka telah bertolak dari Ciamis sejak Senin (28/11) lalu dan telah tiba di Bandung sejak Rabu (30/11).

Mangacu data jarak Google Maps, rombongan long march ini setidaknya telah menempuh jarak sekitar 137 km dari Ciamis ke Padalarang Bandung, dan bila perjalanan dilanjutkan terus dengan jalan kaki sampai Monas Jakarta mereka kurang lebih menempuh jarak 268 km.

Namun bila mereka menempuh perjalanan Ciamis-Jakarta dengan kendaraan roda empat--tanpa macet--dibutuhkan waktu sekitar 5 jam 11 menit.

(tirto.id : agu/agu)

Keyword