Pertamina Tutup Pipa BBM Bandung-Cilacap yang Terbakar

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 23 Oktober 2019
PT Pertamina menutup bagian pipa bahan bakar Pertamina Dex yang mengalami kerusakan dan terbakar di KM 130 tol Padaleunyi. Penutupan dilakukan untuk mencegah lebih banyak bahan bakar tumpah keluar dari pipa.
tirto.id - PT Pertamina menutup bagian pipa bahan bakar Pertamina Dex yang mengalami kerusakan dan terbakar di KM 130 tol Padaleunyi. Penutupan dilakukan untuk mencegah lebih banyak bahan bakar tumpah keluar dari pipa.

"Pipa yang terbakar adalah yang salurkan BBM jenis Pertamina Dex diperkirakan pipa KM 130. Dan kemudian kami langsung melakukan penutupan blok valve. Langsung ditutup aliran BBM yang keluar," ucap VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman kepada wartawan, Selasa (22/10/2019).

Akibat penutupan ini, pipa yang menghubungkan penyaluran bahan bakar Bandung – Cilacap tidak dapat digunakan. Fajriyah mengatakan pipa ini sebenarnya digunakan juga untuk menyalurkan BBM jenis premium tetapi saat kejadian sedang digunakan untuk BBM jenis Pertamina Dex saja.

Meskipun pasokan berhenti, Farjiyah mengatakan stok BBM di Bandung dan sekitarnya masih cukup. Dia bilang untuk Pertamina Dex sendiri, stoknya masih cukup untuk 17-19 hari ke depan, terutama di TBBM Padalarang.

"Pasokan sejauh masih cukup aman area Bandung atau Padalarang di angka sekitar, Pertamina Dex ya, di angka lebih dari 17 hari," ucap Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan usai ditutup, Pertamina saat ini juga tengah melakukan pembersihan bahan bakar yang terlanjur keluar dari pipa. Ia mengatakan setiap BBM yang tumpah sudah ditanggulangi dengan busa atau foam.

Bila ada genangan BBM, maka area itu akan dibuat kolam sementara untuk disedot menggunakan vakum. Usai disedot, BBM akan diangkut menggunakan truk menuju tempat penanganan limbah.

"Yang terbakar sisa-sisa BBM yang keluar dari kebocoran dan kemudian berhasil ditanggulangi dengan foam dari pemadam kebakaran," ucap Fajriyah.


Baca juga artikel terkait PERTAMINA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Ringkang Gumiwang
DarkLight