Pertamina: Libur Akhir Tahun Datang, Konsumsi BBM Naik

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 25 Desember 2016
Dibaca Normal 1 menit
Memasuki akhir tahun dimana terdapat libur Hari Raya Natal sekaligus libur awal tahun, sebagian masyarakat Indonesia memilih untuk berlibur ke tempat-tempat wisata. Kondisi ini menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar minyak.
tirto.id - Memasuki akhir tahun dimana terdapat libur Hari Raya Natal sekaligus libur awal tahun, sebagian masyarakat Indonesia memilih untuk pergi ke tempat-tempat wisata. Kondisi ini menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar minyak, demikian menurut data yang dipaparkan PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY.

"Produk pertamax dan pertalite yang sebelumnya diprediksi naik hingga 15 persen, tercatat meningkat hingga 5,53 persen dan 6,37 persen, dengan rata-rata konsumsi harian masa satgas sejumlah 2.755 kilo liter (kl) untuk pertamax dan 5.724 kl untuk pertalite," kata pejabat Pertamina Jawa Bagian Tengah Suyanto di Semarang, Minggu (25/12/2016).

Sedangkan untuk konsumsi premium peningkatannya tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 1,81 persen dengan rata-rata konsumsi harian masa satgas sebanyak 3.461 kl. Selanjutnya untuk produk solar meningkat sebesar 1,53 persen dengan rata-rata konsumsi harian sebanyak 5.279 kl.

Dikatakan, data-data tersebut merupakan bagian dari data pantauan rutin yang dikumpulkan oleh Tim Satgas Natal dan Tahun Baru Pertamina MOR IV dari berbagai titik suplai Pertamina di Jawa Tengah.

"Tim Satgas yang mulai bertugas sejak tanggal 19 Desember 2016 hingga 9 Januari 2017 tersebut juga rutin berkoordinasi dengan satgas yang dibentuk Pemerintah Daerah Jawa Tengah," katanya sebagaimana dikutip Antara.

Mengenai terjadinya peningkatan konsumsi sendiri, dijelaskan yang paling terasa adalah di sepanjang jalur pantai utara Jawa Tengah, termasuk di sekitar pintu keluar Tol Brebes Timur hingga Tegal. Meski demikian, diakuinya peningkatan konsumsi yang telah diantisipasi sebelumnya ini dapat ditangani dengan baik sehingga stok BBM di berbagai lokasi terjaga dengan aman.

Guna memastikan kondisi tersebut, pada hari ini Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja hadir melakukan kunjungan ke Satgas Natal dan Tahun Baru yang bertempat di Kantor Unit Pertamina MOR IV di Semarang. Tim Satgas menjelaskan kepada Dirjen Migas mengenai peningkatan konsumsi berbagai jenis BBM. Wiratmaja juga menanyakan kendala-kendala tertentu yang dihadapi di lapangan.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan arahan dan mengimbau agar setiap indikasi di lapangan terus dipantau dan ditindaklanjuti secepat mungkin serta mengoptimalkan "contact center" dan media sosial sebagai salah satu jalur untuk mengetahui kondisi yang terkini di wilayah-wilayah rawan kepadatan.

Sementara itu, selain melayani kebutuhan BBM masyarakat melalui 673 SPBU yang tersebar di penjuru provinsi Jawa Tengah, pada masa mudik Natal ini Pertamina MOR IV juga memberikan pelayanan khusus melalui penjualan BBM pertamax dalam kemasan di 2 titik padat utama yakni di area istirahat km 252 Tol Brebes dan jalur wisata Guci.

Khusus di area istirahat km 252, juga telah disiapkan mobil SPBU yang berfungsi sebagai SPBU portabel untuk menjual produk pertamax dan pertamina dex. Khusus pada H-2 dan H-1 lalu, tercatat pertamax dalam kemasan tersebut telah terjual sebanyak 2.830 liter.

Baca juga artikel terkait LIBUR AKHIR TAHUN atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Gaya Hidup)

Reporter: Akhmad Muawal Hasan
Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Akhmad Muawal Hasan
DarkLight