Pertamina-Lamborghini Luncurkan Pertamax Turbo

Oleh: Rima Suliastini - 31 Juli 2016
Dibaca Normal 1 menit
PT Pertamina (Persero) meluncurkan bahan bakar terbaru yakni Pertamax Turbo untuk Lamborghini, kendaraan mobil balap (supercar) dan berteknologi tinggi di Belgia.
tirto.id - Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Wianda Pusponegoro dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, mengatakan peluncuran bahan bakar supercar ini merupakan bentuk kerja sama antara Pertamina dengan Lamborghini.

"Penggunaan Pertamax Turbo ini sebagai tindak lanjut dari kerja sama Pertamina sebagai technical partner Lamborghini," ujarnya.

Kedua pihak bersama-sama mengembangkan Pertamax Turbo sebagai bahan bakar kendaraan bermesin bensin dengan teknologi terbaru.

"Pertamax Turbo ini hasil pengembangan produk Pertamax Plus yang memiliki RON (research octane number atau angka oktan) minimal 98 serta dilengkapi ignition boost formula (IBF)," katanya.

Pertamax Turbo telah diuji coba di ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European, Sirkuit Vallelunya, Italia pada awal Januari 2016 Keberhasilan tersebut diikuti kerja sama Pertamina dengan Centro Petroli Roma (CPR) selaku mitra Lamborghini dalam pendistribusian Pertamax Turbo ke sirkuit seluruh Eropa.

Wianda mengatakan hingga saat ini, Pertamax Turbo sudah digunakan di empat balapan yakni Monza-Italia; Silverstone, Inggris; Paul Richard, Perancis dan Spa Francorchamps, Belgia.

"Perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih seperti penggunaan supercharger dan turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi," katanya.

Pertamax Turbo, lanjutnya, terbukti mampu memenuhi kebutuhan tersebut, karena kendaraan menjadi lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan, dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin, sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

Ia juga menambahkan penggunaan dalam ajang balap bergengsi di Eropa semakin membuktikan Pertamax Turbo diakui sebagai bahan bakar dengan performa yang baik dan ramah lingkungan, karena bisa mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik.

"Pertamax Turbo juga akan dipasarkan di Indonesia dengan menyasar konsumen yang selama ini sudah menggunakan produk RON 95," ujar Wianda.

Baca juga artikel terkait PERTAMINA atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Rima Suliastini
DarkLight