Persiapkan Asian Games, Sandiaga Kunjungi Jepang Lima Hari

Oleh: Hendra Friana - 19 Februari 2018
Sandi ingin mempelajari traffic management yang dilakukan pemerintah Jepang dalam persiapan Olimpiade Tokyo untuk studi banding saat Asian Games di Jakarta nanti.
tirto.id -
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dipastikan tak berada di Jakarta hingga lima hari ke depan. Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (Biro KDH dan KLN) Mawardi mengatakan, Sandiaga tengah melawat ke Tokyo untuk menghadiri undangan dari kedutaan besar Jepang di Indonesia.

Mawardi belum bisa merinci acara apa saja yang dihadiri Sandiaga di negeri Sakura. Namun, kata dia, salah satu agendanya adalah melihat bagaimana pemerintah Jepang mempersiapkan Olimpiade Tokyo 2020, terutama dalam hal infrastruktur.

"Kedutaan besar Jepang di Jakarta mengundang Pak Sandi melihat di sana, ada beberapa infrastruktur yang (dipersiapkan karena) memang ada even di sana," ungkapnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Dalam lawatan tersebut, Sandiaga juga ditemani oleh beberapa pejabat Pemprov DKI. Beberapa di antaranya, sebut Mawardi, adalah Kepala Biro Tata Kota dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah DKI Jakarta Vera Revina Sari serta Kepala PTSP Edy Junaedi.

Jika memungkinkan, Pemprov DKI juga berencana menggaet beberapa investor Jepang untuk menanamkan modalnya di Jakarta.
"Sesuai undangan mereka, lima hari. Hari Sabtu pulang," ujarnya.

Rencana untuk menghadiri undangan dari kedutaan besar Jepang sendiri telah disampaikan oleh Sandiaga sejak 5 Februari lalu.

Waktu itu, Sandi sempat menyinggung keinginannya mempelajari traffic management yang dilakukan pemerintah Jepang dalam persiapan Olimpiade Tokyo.

Cara itu pula lah yang nantinya akan dijadikan acuan untuk mengatur arus lalu-lintas di Jakarta dalam perhelatan Asian Games pada Agustus 2018.

Misalnya, ujar Sandi, "dari segi mereka melakukan libur sekolah dan perubahan jam kerja, dan sistem IT apa mereka yang dipakai untuk memuluskan perhelatan Tokyo 2020."

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri
DarkLight