Persebaya Rekrut Raphael Maitimo dan OK John dari Madura United

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Maitimo dan OK John telah tiba di Surabaya dan siap melakoni debutnya bersama Bajul Ijo di GoJek Liga 1 2018.
tirto.id - Persebaya akhirnya memulai langkah pembenahan skuat di bursa transfer paruh musim GoJek Liga 1 2018. Per Sabtu (14/7/2018), Bajul Ijo telah mengumumkan perekrutan dua pemain anyar, Raphael Maitimo dan Onorionde Kughegbe John—atau akrab disapa OK John.

Maitimo dan OK John mendarat dan diperkenalkan di Persebaya pada waktu bersamaan. Pihak Persebaya sendiri belum mengumumkan secara pasti durasi kontrak kedua pemain. Namun, dari keterangan di laman resminya Bajul Ijo menyebut keduanya merapat ke Surabaya setelah memutuskan kontrak dengan pihak Madura United.

Pelatih Angel Alfredo Vera pun langsung mengomentari dua rekrutan anyarnya. Untuk Maitimo, Vera menyebut kedatangannya sebagai anugerah bagi lini depan maupun tengah. Sang pelatih melempar isyarat akan kemungkinan Maitimo diperankan sebagai false nine.

"Dia punya kemampuan yang bisa digunakan Persebaya untuk menambah kekuatan di tim terutama untuk lini depan dan tengah. Karena Raphael bisa berperan sebagai striker di skema false nine," ujar Vera seperti dikutip laman resmi klub.

Performa Maitimo bersama Madura United pada paruh musim ini sebenarnya tergolong moncer. Dari 10 kali bermain, ia menyarangkan tiga gol dan menyumbang satu assist.

Sementara untuk kasus OK John, Vera menyebut kedatangan bek asal Nigeria itu dibutuhkan tidak saja sebagai pemain di atas lapangan, namun juga sebagai mentor bagi para pemain muda. Hal ini jelas lantaran jam terbang dan pengalaman tinggi John di kancah sepak bola Indonesia.

"OK John kami datangkan untuk membantu mengisi lini pertahanan. Karena kami membutuhkan pemain berpengalaman dan itu dia miliki," pungkas sang pelatih.

Sejauh musim ini, OK John merupakan sosok penting bagi Madura United. Ia tampil delapan kali, dengan rincian lima kali starter dan tiga kali sebagai pengganti. Dari statistik yang dirilis operator Liga 1, ia mencatatkan sukses tekel sebanyak 43 kali. OK John juga memiliki tingkat akurasi operan sukses menyentuh angka 84 persen.

Hingga berlalunya 14 pekan GoJek Liga 1 2018, Sabtu (14/7/2018), Persebaya sendiri berada di peringkat 11 klasemen sementara dengan torehan 19 poin—hasil empat kemenangan, tujuh kali imbang, dan tiga kekalahan. Pada laga terdekat, skuat asuhan Angel Alfredo Vera dijadwalkan menjamu sesama tim promosi, PSMS Medan di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (18/7/2018).

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live