Menuju konten utama

Perjalanan Logo Twitter

Serupa dengan huruf "F" berwarna biru gelap pada Facebook, maka Twitter akan mudah diidentifikasi melalui logo burung berwarna biru terang.

Perjalanan Logo Twitter
Foto: shutterstock

tirto.id - Didirikan pada 21 Maret 2006, Twitter merupakan jejaring sosial yang berkantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat. Berbeda dengan Facebook yang tidak memberi batasan uanggah status, sedari awal pendiriannya, Twitter telah membatasi unggah status sebanyak 140 karakter. Inilah yang menjadi daya pikat dari jejaring sosial kreasi Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams.

Serupa dengan huruf "F" berwarna biru gelap pada Facebook, maka Twitter akan mudah diidentifikasi melalui logo burung berwarna biru terang. Padahal, sebelum menggunakan logo burung, pertama kali hanya muncul dengan logo huruf bertuliskan "Twitter" berwarna biru terang. Logo ini sendiri bertahan sejak 15 Juli 2006 hingga 14 September 2010.

Pada Februari 2007, logo twitter tersebut berganti rupa dengan penambahan burung yang sedang berkicau dan diberi nama "Larry The Bird". Burung dipilih sebagai logo baru Twitter karena sesuai dengan istilah "tweet" yang berarti kicauan. Sedangkan, pemilihan nama Larry The Bird diberikan untuk menghormati Larry Bird seorang pebasket legendaris dari Boston Celtics.

Juni 2012, tepatnya tanggal 2, Twitter kembali mengubah logonya. Kali ini, tulisan "Twitter" dihilangkan dan hanya menampilkan logo si burung biru. Namanya pun tak lagi "Larry the Bird" melainkan “Twitter Bird". Menurut Douglas Bowman, desainer Twitter, logo ini mencerminkan mountain bluebird (Sialia currucoides) yang masuk dalam spesies dilindungi.

Baca juga artikel terkait FAKTA atau tulisan lainnya dari Nurul Qomariyah Pramisti

Reporter: Nurul Qomariyah Pramisti
Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti