Performa Timnas Buruk Jelang Laga Perdana Lawan Thailand

Oleh: Agung DH - 18 November 2016
Performa pemain tim nasional (timnas) Indonesia dinilai menurun menjelang laga perdana melawan Thailand di ajang Piala AFF 2016 Grup A di Manila, pada Sabtu (19/11/2016). Kondisi fisik sejumlah pemain dikabarkan belum sepenuhnya pulih setelah melakoni tiga la di nasional Torabika Championship.
tirto.id - Performa pemain tim nasional (timnas) Indonesia dinilai dalam kondisi buruk menjelang laga perdana melawan Thailand di ajang Piala AFF 2016 Grup A di Manila, pada Sabtu (19/11/2016). Fisik sejumlah pemain dikabarkan belum sepenuhnya pulih setelah melakoni tiga laga di kompetisi nasional Torabika Championship.

Pelatih timnas Indonesia, Aflred Riedl, dalam jumpa pers di Manila pada Jumat (18/11) menyampaikan kondisi tersebut menjadi persoalan berat bagi timnya. Apalagi sejumlah pemain juga masih dalam kondisi cedera.

"Kami akan berlaga melawan Timnas Thailand, dan saat bersamaan ada tiga laga pula di liga nasional dan timnas tidak bisa memilih semua pemain terbaiknya," katanya seperti dikutip Antara.

Riedl mengakui kekuatan Indonesia makin berkurang karena kehilangan Irfan Bachdim yang cedera saat latihan.

"Ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk memunculkan strategi baru," kata dia.

Dengan kondisi seperti itu, Riedl mengaku dirinya hanya bisa mengambil dua pemain dari setiap klub. Sementara lawan tanding di laga perdana merupakan tim Gajah Putih yang jauh lebih siap. Karena itu Riedl mengaku tak pasang target muluk-muluk.

"Asal tidak kalah dengan Thailand," kata dia sambil melirik pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang yang duduk di sebelah kanannya.

Bermodal tim yang kurang persiapan dan didera persoalan, Riedl akan menginstruksikan pemainnya untuk menerapkan strategi baru pada laga perdana Piala AFF 2016 melawan Thailand sehingga timnya terhindar dari kekalahan.

Sementara itu, dalam jumpa pers tersebut hampir semua pelatih mengatakan semua tim yang akan berlaga dalam kondisi baik.

Pelatih atau manajer yang hadir pada sesi konferensi pers jelang pertandingan itu adalah manajer Thailand Kiatisuk Senamuang, manajer Filipina Thomas Dooley, manajer Singapura V.Sundramoorthy dan Indonesia Alfred Riedl.

Sore harinya Timnas Indonesia akan uji coba lapangan yang akan digunakan pada pertandingan esok.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2016 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight