Performa Kamera Pocophone F1 Imbangi iPhone 8 Menurut DxOMark

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 30 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kinerja Pocophone F1 cukup menonjol lantaran mengusung spesifikasi setara smartphone flagship yang harganya lebih mahal.
tirto.id - Sebagai smartphone kelas menengah, kemampuan kamera Pocophone F1 tak bisa dipandang sebelah mata. Berdasarkan hasil pengujian DxOMark, Pocophone F1 mampu menghasilkan skor 91 poin, setara Apple iPhone 8 yang dijual dua kali lipat lebih mahal. Skor tersebut terdiri dari 92 poin untuk foto dan 90 poin untuk video.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (30/1/2019), sebagai perbandingan, Xiaomi Mi Note 3 dan Google Pixel memiliki skor 90 poin, sedangkan iPhone 8 Plus 84 poin. Namun, pengujian DxOMark di Pocophone F1 tak termasuk untuk kamera depan.

Menurut DxOMark, hasil bidikan kamera Pocophone F1 mampu menghasilkan warna cemerlang dan didukung performa autofokus cepat serta akurat. Minus kamera Pocophone F1 adalah kemampuan bokeh yang dinilai kurang, terlebih pada saat kondisi cahaya minim.

"Mencapai skor DxOMark seluler keseluruhan 91 poin, Xiaomi Pocophone F1 memberikan kinerja yang sangat baik dalam pengujian kami, tetapi berada di luar 20 teratas dalam basis data kami untuk kualitas gambar smartphone," penjelasan DxOMark.

Seperti diketahui bahwa performa kamera Pocophone F1 cukup menonjol lantaran mengusung spesifikasi setara smartphone flagship yang harganya lebih mahal.


Pocophone F1 dibekali dua buah kamera belakang dengan lensa utama 12 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci dan diperkuat fitur dual LED flash serta Dual Pixel PDAF. Sementara kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel sebagai depth sensor.

Kamera depan Pocophone F1 juga cukup mumpuni untuk memuaskan hasrat selfie berkat resolusi 20 megapiksel yang dilengkapi teknologi pixel binning untuk kondisi low-light.

Pocophone F1 yang diluncurkan Agustus 2018, pada 21 Januari lalu menerima update perangkat lunak MIUI 10 v10.2.2.0 yang membawa dua fitur utama, yakni perekaman video 960fps Slo-mo dan Night Mode.

Selain 960fps Slo-mo, fitur Night Mode juga layak mendapat apresiasi karena sebelumnya hanya dimiliki oleh lini premium Xiaomi. Fitur ini mengambil delapan buah foto dalam satu waktu dengan exposure berbeda. Kedelapan foto tersebut kemudian digabungkan menjadi sebuah foto yang terang, lebih detail, dan minim noise saat low-light.

"Kekuatan utama [Pocophone F1] adalah kinerja fokus otomatis yang sangat baik, gambar flash bagus, dan warna cemerlang dalam semua kondisi yang diuji," pungkas DxOMark.

Adapun DxOMark merupakan situs web yang memberikan peringkat kualitas gambar untuk kamera mandiri, lensa, dan perangkat seluler tersemat kamera. Situs ini dioperasikan oleh DxOMark Image Labs.

Untuk menghitung skor dalam pengujiannya, DxOMark menggunakan 9 indikator, yakni exposure dan contrast, color, autofocus, texture, noise, artifacts, flash, zoom, serta bokeh.


Baca juga artikel terkait POCOPHONE F1 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi