Perempuan Tanah Jahanam Joko Anwar Ditonton 117.001 di Hari Pertama

Penulis: Dipna Videlia Putsanra , tirto.id - 18 Okt 2019 11:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Perempuan Tanah Jahanam mendapat 117.001 penonton pada hari pertama penayangan 17 Oktober 2019.
tirto.id - Film Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar ditonton oleh 117.001 orang pada hari pertama penayangan, Kamis (17/10/2019). Menurut Jokan, jumlah penonton debut Perempuan Tanah Jahanam lebih banyak daripada film horor sebelumnya, Pengabdi Setan.

Jumlah penonton film horor Perempuan Tanah Jahanam ini dibagikan langsung oleh Jokan melalui akun Twitter resmi @jokoanwar pada Jumat (18/10/2019) pukul 10.38 WIB.

"Kemarin, kamu dan 117.000 orang lainnya, sudah ke desa jahanam. #perempuantanahjahanam," tulis Jokan.


Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) yang bekerja keras untuk bertahan hidup di kota. Maya tidak punya keluarga di Jakarta, ia tidak pernah tahu siapa orang tuanya. Oleh karena itu, Maya sangat dekat dengan Dini.

Maya dan Dini bertahan hidup dengan berbagai cara, termasuk bisnis. Namun mereka masih kesulitan secara ekonomi. Maya kemudian menggali informasi soal kemungkinan peninggalan harta warisan harta keluarga di kampung halamannya. Bermodal informasi itu, Maya bersama Dini menuju kampung tempat keluarganya tinggal dahulu.

Sesampainya di kampung, Maya dan Dini sampai di rumah besar yang kosong. Situasi sekitar juga terlihat aneh, salah satunya banyak kuburan anak-anak. Hingga pada suatu malam, Maya mendengar jeritan perempuan yang hendak melahirkan. Maya menuju asal suara dan menyaksikan proses kelahiran anak tersebut.

Dari situlah, sedikit demi sedikit, misteri kampung yang kini ditinggali Maya dan Dini mulai terungkap.

Jokan mengaku butuh waktu hingga 10 tahun untuk membuat Perempuan Tanah Jahanam bisa tayang di bioskop.

Jokan mengatakan, dia sudah menulis skenario untuk film tersebut sejak tahun 2009. Namun saat itu dia tidak berani untuk mengerjakannya menjadi film layar lebar.

"Ini film yang sudah saya persiapkan sejak 10 tahun lalu, waktu itu sudah hampir selesai. Dulu mau ngerjain tahun 2009 tapi takut karena film ini membutuhkan level teknik dan estetika yang halus banget pegangannya," jelas Jokan, seperti dikutip Antara News.

Sutradara Pengabdi Setan itu mengaku sangat menanti diluncurkannya Perempuan Tanah Jahanam. Dia berharap film tersebut dapat memberi pengalaman baru bagi para penikmat film horor dan thriller.

"Ini adalah hari yang saya tunggu. Ini satu hasil kerja sama luar biasa antara produser, kru dan pemain. Kita lebih dari sekadar hubungan dengan pemain saja tapi kita bikin keluarga. Mudah-mudahan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan," ujar sutradara "Janji Joni" tersebut.

Selain Tara Basro dan Marissa Anita, film ini juga dibintangi oleh Ario Bayu, Christine Hakim, Asmara Abigail, Kiki Narendra, Tengku Rifnu, Zidni Hakim, Faradina Mufti, Abdurahman Arif dan lainnya.


Baca juga artikel terkait PEREMPUAN TANAH JAHANAM atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH

DarkLight