Perempuan Saudi Tonton Sepak Bola di Stadion untuk Pertama Kali

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 13 Januari 2018
Laga pertama untuk bisa disaksikan perempuan Saudi ada di Kota Riyadh, kedua di Jeddah, ketiga di Dammam.
tirto.id - Pertandingan antara Al-Ahli melawan Al-Batin pada Jumat (12/1/2018) ditonton oleh perempuan Arab Saudi untuk pertama kalinya. Selama berpuluh-puluh tahun terakhir laga profesional di negeri itu hanya boleh diramaikan oleh laki-laki.

Namun tahun lalu Pemerintah Saudi mencoret peraturan tersebut sehingga perempuan Saudi kini bisa menikmati pertandingan Liga Profesional Saudi.

Menurut Arab News, perintah pemerintah Saudi menyebutkan bahwa perempuan akan dapat menghadiri pertandingan kedua pada hari ini, Sabtu (13/1/2018) dan yang ketiga pada Kamis (18/1/2018) pekan depan.

Pertandingan pertama kemarin digelar di ibu kota Riyadh. Kota Jeddah akan menjadi saksi untuk pertandingan kedua, sementara laga ketiga akan digelar di kota ujung Timur, Dammam.

Guna mempersiapkan perubahan, kerajaan tersebut telah menetapkan "bagian keluarga" di tribun untuk para perempuan. Stadion-stadion juga telah dilengkapi dengan toilet-toilet, pintu masuk terpisah dan lapangan parkir untuk perempuan penonton.

Pengamat menilai langkah ini adalah bagian dari reformasi yang sedang digalakkan pemerintah Saudi sejak tahun lalu di bawah komando sang pangeran Muhammad bin Salman.

Kerajaan Arab Saudi juga telah memutuskan untuk memperbolehkan perempuan mengemudikan kendaraan mulai pertengahan tahun lalu, serta mengizinkan bioskop-bioskop untuk beroperasi.

Baca juga artikel terkait REFORMASI ARAB SAUDI atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Akhmad Muawal Hasan
Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Akhmad Muawal Hasan