Perbedaan Spesifikasi Realme C2 dengan C1 yang Dijual Rp1 Jutaan

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 23 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Selain harga, perbedaan mencolok antara Realme C2 dengan C1 terletak di sektor desain, layar, performa, sistem operasi, termasuk baterai.
tirto.id - Realme Mobiles, resmi mengumumkan kehadiran Realme C2 di India, Senin (22/4/2019), yang akan menjadi smartphone andalan perusahaan untuk bersaing di pasar entry-level. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme C1, seri C2 tampil dengan desain yang berbeda.

Tak hanya itu, Realme C2 juga mengusung spesifikasi perangkat keras yang berbeda pula dari pendahulunya. Berikut ini beberapa perbedaan antara Realme C2 dengan C1.

Realme C2 menawarkan perubahan desain yang cukup signifikan daripada seri C1. Realme C2 mengusung "poni" mungil "dewdrop design" yang dipadukan dengan cangkang belakang bertekstur berlian atau diamond cut, seperti di Realme 2.

Sementara Realme C1, masih mengusung gaya notch yang berukuran cukup besar. Cangkang belakangnya lebih sederhanda dengan warna polos tanpa gradasi atau diamond cut.

Di sektor display, Realme C2 mengandalkan layar sentuh berukuran 6,1 inci resolusi HD+ tipe IPS, yang sudah dilindungi kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Saat diperkenalkan, Realme C2 sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka Color OS 6 Lite.

Realme C1 mengandalkan layar sentuh berukuran sedikit lebih besar, yakni 6,2 inci, resolusi HD+ tipe IPS. Layar ponsel ini juga dilindungi kaca antigores dari Corning, namun dengan generasi lebih rendah, yaitu Gorilla Glass 3. Saat diperkenalkan, Realme C1 masih menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.1.

Kinerja Realme C2 terbilang bersaing di kelas entry-level berkat sokongan chipset MediaTek Helio P22 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan memori RAM sebesar 2GB atau 3GB. Performa Realme C2 untuk kebutuhan gaming cukup baik di kelasnya berkat dukungan GPU PowerVR GE8320.

Realme C1 mengadopsi chipset berbeda, yaitu Qualcomm Snapdragon 450 berkonsep octa-core dengan kecepatan 1,8GHz. Dapur pacu ini ditandemkan dengan RAM sebesar 2GB. Kartu grafisnya menggunakan GPU Adreno 506 untuk mengakomodir kebutuhan gaming penggunanya.

Perbedaan terakhir, Realme C2 dibekali baterai berkapasitas 4.000mAh. Kapasitasnya justru menurun jika dibandingkan dengan Realme C1 yang tertanam baterai 4.230mAh. Kedua ponsel ini juga tak didukung fitur fast charging saat mengisi daya via port microUSB.

Sebagai informasi, Realme C1 diperkenalkan di Indonesia pada bulan Oktober 2018 yang ditawarkan dengan harga Rp1,339 juta. Sedangkan Realme C1 yang diluncurkan di India, dijual dengan harga mulai Rp1,2 juta.

Belum ada keterangan dari pihak Realme Mobiles apakah Realme C2 bakal dipasarkan ke luar India, termasuk diboyong ke Indonesia. Mengenai perangkat Realme terakhir yang masuk ke Tanah Air, yaitu Realme 3 reguler, diperkenalkan pada 13 Maret lalu.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis