Menuju konten utama

Perbedaan New Honda Vario eSP 110 dengan Vario Tipe Sebelumnya

New Honda Vario eSP menerapkan sistem efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Perbedaan New Honda Vario eSP 110 dengan Vario Tipe Sebelumnya
Karyawan PT Astra Honda Motor (AHM) sedang melakukan perakitan New Honda Vario eSP di pabrik perakitan AHM, Cikarang, Jawa Barat. trto.id/astra-honda.com

tirto.id - New Honda Vario eSP yang baru dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) pada Senin (27/11/2017) merupakan versi penyegaran dari Honda Vario tipe sebelumnya, yaitu Vario 110 FI. Perbedaan utama dari keduanya, yaitu pada penggunaan teknologi FI (Fuel Injection) dan eSP (Enhanced Smart Power).

Teknologi eSP menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan dan ACG Starter yang terhubung dengan eSP mampu menghidupkan mesin kendaraan secara halus.

Sebelum Vario, Honda sudah menerapkan teknologi eSP ini pada Beat dan Scoopy. Vario 110 ini juga hadir dengan tampilan baru dari desain velg, kombinasi warna, serta balutan grafis stripe yang memperkuat karakter sporty dan mewah.

Dalam keterangan pers yang diterima Tirto, Kamis (27/11/2017), grafis stripe dan kombinasi warna terbaru disematkan pada seluruh tipe New Honda Vario eSP CBS dan CBS-ISS. Model ini terlihat lebih sporty dengan tampilan grafis stripe yang lebih tajam, perubahan velg cast wheel yang tampil lebih dinamis dan modern.

Honda Vario eSP baik CBS dan CBS-ISS, hadir dengan kombinasi dua warna pada bagian bodi depan dan bodi belakang yaitu warna hitam yang dipadupadankan dengan warna Grande White dan Glam Red, serta warna Estilo Black dikombinasikan dengan warna abu-abu.

Sementara itu pada varian warna Advance, pilihan warna Matte Gray disisipi dengan tampilan lebih mewah dan macho melalui penambahan grafis dynamic monogram pada setiap sisi sampingnya.

New Honda Vario eSP yang mengusung mesin injeksi 110cc dengan akselerasi tinggi mencapai 12,7 detik untuk jarak tempuh 200 meter, serta bertenaga dengan top speed mencapai 92km/jam. Konsumsi BBM diklaim mencapai 59 km/liter dan menggunakan fitur ISS yang belum ada di Vario 110 tipe sebelumnya.

ISS (Idling Stop System) mampu mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan efisiensi bahan bakar karena suplai bahan bakar akan terhenti secara otomatis saat kondisi sepeda motor berhenti lebih dari 3 detik. Untuk menghidupkan kembali cukup dengan menarik tuas gas.

Dari segi keamanan, Vario 110 FI dan Vario 110 eSP ini cenderung sama. Keduanya menggunakan teknologi Combi Brake System (CBS) guna membantu menyeimbangkan pengereman pada roda depan dan belakang secara lebih optimal.

Kemudian, standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar dalam posisi turun, dan Brake Lock yang berfungsi untuk membantu pengendara mengunci posisi motor pada saat berhenti di jalan menanjak ataupun menurun.

Fitur keamanan sepeda motor juga dipertahankan pada New Honda Vario eSP yaitu kunci bermagnet (Magnetic Key Shtter) untuk mencegah pencurian. Fasilitas bagasi terbesar dengan 13 liter mampu menyimpan kebutuhan pengendara ditambah dengan gantungan barang yang dapat dilipat yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

New Honda Vario eSP dipasarkan dengan harga Rp16.675.000,- untuk tipe CBS dan Rp17.475.000,- untuk tipe CBS-ISS (on the road Jakarta) dengan pilihan varian warna Estilo Black, Glam Red dan Grande White.

Sedangkan untuk warna Advance Matte Gray, dipasarkan dengan harga Rp16.775.000,- untuk tipe CBS dan Rp17.575.000,- untuk tipe CBS-ISS (on the road Jakarta). AHM menargetkan penjualan New Honda Vari eSP sebanyak 10.000 unit/bulan.

Baca juga artikel terkait HONDA VARIO atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Otomotif
Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra