Perbedaan Galaxy A10 dengan M10 yang Harganya Terpaut Rp100 Ribu

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 8 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bagi konsumen yang membutuhkan performa lebih kencang dengan memori internal lapang, Galaxy A10 bisa menjadi pilihan tepat.
tirto.id - Samsung telah meluncurkan jajaran smartphone Galaxy seri A dan seri M di Indonesia untuk kelas entry-level. Galaxy A10 dijual dengan harga Rp1.799.000, sedangkan Galaxy M10 dibanderol Rp1.699.000.

Kedua smartphone memiliki banderol harga terpaut sangat tipis, hanya Rp100 ribu. Meski begitu, baik Galaxy A10 dan Galaxy M10 mengusung spesifikasi dan karakter berbeda. Berikut ini perbedaan spesifikasi antara keduanya.

Kamera

Samsung Galaxy A10 mengandalkan kamera berkekuatan 13MP yang didukung lensa aperture f/1.9 dilengkapi fitur PDAF dan LED flash. Adapun kamera depannya memilikii resolusi 5MP untuk mengakomodir kebutuhan foto selfie.

Galaxy M10 lebih mumpuni dengan dukungan kamera ganda 13MP + 5MP. Hal yang menarik adalah kamera keduanya yang berkekuatan 5 megapiksel tak hanya berfungsi sebagai depth sensor, tetapi juga menghasilkan foto wide angle. Adapun kamera depannya berkekuatan 5MP untuk kebutuhan selfie.

Performa

Galaxy A10 tampaknya lebih powerful ketimbang Galaxy M10 dengan dukungan chipset Samsung Exynos 7884 berkonsep octa-core yang terdiri dari dual-core 1,6GHz dan hexa-core 1,35GHz yang ditandemkan RAM 2GB. Performa grafisnya cukup memadai untuk bermain game dengan GPU Mali-G71 MP2.

Kinerja Galaxy M10 memang tak sekencang Galaxy A10 dengan dukungan chipset Exynos 7870 yang berkonsep octa-core 1,6GHz dengan RAM 2GB. Performa grafisnya cukup memadai untuk bermain game dengan GPU Mali-T830 MP1.

Perangkat Lunak

Samsung Galaxy A10 sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dalam balutan antarmuka One UI generasi baru. Galaxy M10 masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience UI 9.5.

Memori Internal

Samsung Galaxy A10 dibekali memori internal berkapasitas besar, yakni 32GB. Sedangkan Galaxy M10 dibekali memori internal yang lebih kecil, yakni 16GB. Keduanya dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Kedua smartphone ini memang memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda. Bagi konsumen yang membutuhkan performa lebih kencang dengan memori internal lapang, Samsung Galaxy A10 bisa menjadi pilihan tepat.

Sedangkan bagi konsumen yang membutuhkan kemampuan fotografi lebih mumpuni dengan kamera super wide-angle, Samsung Galaxy M10 bisa jadi prioritas.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG GALAXY atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight