Perbandingan Spesifikasi PS 5 dan Xbox Scarlett

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 21 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Apa saja perbedaan Play Station 5 dan Xbox Scarlett?
tirto.id - Sony dan Microsoft telah mengonfirmasi kehadiran konsol game terbaru mereka yang menawarkan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya. Sony telah menyiapkan Play Station 5 atau PS 5. Sedangkan Microsoft telah menyiapkan Xbox Scarlett sebagai penerus dari Xbox One.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Game Spot, baik Sony PS 5 maupun Microsoft Xbox Scarlett akan diluncurkan selama musim liburan 2020 mendatang. Keduanya sama-sama dibekali peningkatan spesifikasi perangkat keras. Berikut ini perbandingan perangkat keras Sony PS 5 vs Xbox Scarlett.

1. Prosesor dan Grafis

Sony PS 5 hadir dengan prosesor octa-core dari AMD Ryzen yang sudah menggunakan arsitektur Zen 2. Sayangnya, belum diketahui berapa kecepatan prosesor PS 5 dan kapasitas memori RAM yang diusungnya.

Dari sisi grafis, PS 5 andalan Sony ini juga mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sony PS 5 menggunakan GPU dari AMD Radeon Navi generasi baru. Namun, spesifikasi teknis GPU PS 5 ini masih belum terungkap.

Sedangkan Xbox Scarlett andalan Microsoft juga ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen generasi Zen 2 dengan kecepatan 1,6GHz. Sayangnya, belum ada informasi mengenai jumlah core yang diusungnya. Xbox Scarlett didukung RAM jenis GDDR6 berkapasitas 16GB.

Sektor grafis, Xbox Scarlett juga menggunakan grafis besutan AMD yang menggunakan nama sandi Arcturus. GPU yang digunakan Xbox terbaru ini masih belum terungkap spesifikasi teknisnya. Performa kedua konsol game ini sama-sama mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

2. Storage dan Spesifikasi Teknis Lainnya

Baik Sony PS 5 maupun Xbox Scarlett sama-sama dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive). Kapasitas media penyimpanan Xbox Scarlett adalah 1TB, sedangkan untuk Sony PS 5 masih belum terungkap.

Kedua konsol game modern ini sama-sama dilengkapi drive optik dan mendukung resolusi hingga 8K. Tak hanya itu, kedua konsol gaming ini mendukung frame rate maksimal hingga 120fps.

3. Kompatibilitas dengan Versi Terdahulu

Sony PS 5 maupun Xbox Scarlett sama-sama memiliki kompatibilitas dengan game-game dari konsol sebelumnya. Ini berarti Sony PS 5 dapat memainkan game PS 4 dan PS 4 Pro. Begitu juga dengan Xbox Scarlett dapat memainkan game-game dari Xbox One, Xbox 360, dan Xbox.

Sony telah menggandeng Bluepoint Games yang nantinya akan menghadirkan game Uncharted dan Shadow of the Colossus versi remaster saat PS 5 dirilis. Sedangkan Xbox Scarlett hanya mengandalkan satu judul game saat dirilis nanti, yakni Halo Infinite.


Baca juga artikel terkait PLAY STATION 5 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight