Perayaan Cap Go Meh di Pontianak Bisa Disaksikan Via Smartphone

Oleh: Ibnu Azis - 2 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Puncak perayaan Cap Go Meh di Pontianak diramaikan atraksi replika naga yang bisa disaksikan melalui layar smartphone berbasis Android.
tirto.id - Pertunjukan 28 replika naga siap memeriahkan puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak, Jumat (2/3/2018). Atraksi replika naga itu bisa disaksikan melalui smartphone berbasis Android.

"Sebanyak 28 replika naga tersebut sebelumnya sudah menjalani ritual 'buka mata' agar bisa mengusir roh jahat ketika melakukan pawai nanti siang," kata Ketua Panitia Cap Go Meh 2018, Sugioto di Pontianak, Jumat (2/3).

Ia menjelaskan, pawai replika naga dimulai pukul 13:00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB. Pawai dimulai dari Jalan AR Hakim di samping Lapangan Keboen Sajoek, kemudian melewati Jalan Pattimura, Gajahmada, Pahlawan, Tanjungpura, dan berakhir di Jalan Diponegoro.

"Kemudian pada malam harinya, masyarakat kembali dihibur dengan 'naga bersinar' atau replika naga tersebut dihiasi lampu, sehingga bagian tubuh naga tampak terang oleh gemerlap lampu," ungkapnya.

Atraksi pawai replika naga Cap Go Meh di Pontianak bisa pula disaksikan melalui layar smartphone. Menurut Sugioto, masyarakat bisa menikmati pertunjukan tersebut di ponsel pintar berbasis Android lewat aplikasi iVMS-4500.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Hikline CCTV untuk membantu mempromosikan acara Cap Go Meh 2018. Dengan demikian, masyarakat bisa menonton secara langsung dari ponsel mereka masing-masing.

"Sehingga bagi teman-teman dari luar yang tidak sempat hadir tetap bisa menyaksikan atraksi replika naga di Pontianak," kata Sugioto hari Kamis (1/3) lalu.

Menurut ia, pemanfaatan teknologi informasi tersebut bukan yang pertama, pada tahun lalu juga sudah dilakukan tetapi belum maksimal.

Sugioto menambahkan, menyaksikan pawai naga melalui smartphone cukup mudah, yakni unduh dan instal aplikasi iVMS-4500 di Play Store, kemudian buka, lalu pilih region Asia-Indonesia.

Selanjutnya, tekan gambar garis tiga di sudut kiri atas, dan pilih fitur devices, kemudian pilih (+) manual adding.

Pada opsi device information, isi dengan keterangan alias capgomeh2018; kemudian register mode IP/domain; addres hikline2018.dyndns.tv; port 8000; username user; password user1234; camera no. 4.

"Jika sudah dilakukan, secara otomatis atraksi bisa disaksikan dengan mengubah kamera untuk mengikuti perjalanannya," pungkas Sugioto.


Baca juga artikel terkait PERAYAAN CAP GO MEH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
Dari Sejawat
Infografik Instagram