Penyebab Tim Hoki Indonesia Dilarang Tampil di SEA Games 2019

Oleh: Addi M Idhom - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Hoki Indonesia dilarang bertanding di SEA Games 2019 meskipun sudah tiba di Filipina.
tirto.id - Pertandingan cabang olahraga Hoki Indoor SEA Games 2019, yang mulai digelar pada 4 Desember 2019, semestinya bisa diikuti oleh Timnas Indonesia.

Akan tetapi, Timnas Hoki Indoor Indonesia gagal tampil di SEA Games 2019 karena dilarang bertanding oleh Federasi Hoki Asia. Pelarangan itu buntut dari konflik dan dualisme kepengurusan federasi hoki Indonesia.

Konflik dualisme tersebut terjadi antara Pengurus Besar Hoki Seluruh Indonesia (PB PHSI) dan Pengurus Pusat Federasi Hoki Internasional (PP FHI).

Larangan bertanding di SEA Games 2019 tersebut dikeluarkan oleh Federasi Hoki Asia (AHF), pada Selasa kemarin, 3 Desember 2019.

AHF tidak mengizinkan Timnas Hoki Indonesia tampil di SEA Games 2019 dengan alasan salah satu kubu federasi cabang olahraga tersebut di Indonesia tidak diakui oleh Federasi Hoki Internasional (FIH). Padahal, Timnas Hoki Indonesia sudah berangkat ke Filipina dan tiba di Subic untuk bertanding.

CEO AHF Datuk Tayyab Ikram menyatakan secara tegas tidak mengizinkan tim hoki Indonesia tampil di SEA Games 2019 karena konflik federasi yang terjadi.

“Meski tim hoki putra dan putri Indonesia sudah tiba di Subic, mereka tidak diizinkan bertanding karena FIH sangat ketat dalam masalah ini,” kata Datuk Tayyab pada Rabu (4/12/2019) seperti dilansir Antara.

Datuk Tayyab menambahkan, “Kami (AHF) telah melakukan pertandingan lebih awal, dan karena Indonesia tidak mengirimkan nama atlet pada batas waktu yang telah ditentukan, mereka tidak dapat bertanding.”

Pada 3 Desember kemarin, laman resmi Federasi Hoki Asia memang tidak mencantumkan nama Indonesia di daftar negara yang mengirimkan wakilnya pada cabang olahraga Hoki Indoor SEA Games 2019.

Laman Federasi Hoki Asia mengumumkan tim-tim yang akan tampil pada pertandingan perdana cabang olahraga Hoki Indoor SEA Games 2019, untuk nomor putra berasal dari Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Sedangkan tim-tim yang tampil pada pertandingan Hoki Indoor putri SEA Games 2019, merupakan perwakilan dari Kambodja, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Laman resmi SEA Games 2019 juga tidak mencantumkan nama timnas Indonesia dalam rincian jadwal pertandingan cabang olahraga Hoki Indoor.

Pertandingan cabang olahraga Hoki Indoor SEA Games 2019 dijadwalkan berlangsung pada 4-10 Desember 2019, di LB Centtro Mall & Convention Center, Filipina.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight