tirto.id - VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba menjelaskan, hingga Senin (29/6/2020) pagi tercatat ada 155.555 pengguna kereta commuter. Angka tersebut meningkat 9 persen dibanding pekan lalu yang hanya 143.237 pengguna.
Sejumlah stasiun yang tercatat mengalami peningkatan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bogor, Bojonggede, Citayam, dan Bekasi yang meningkat sekitar 8 persen - 29 persen. Khusus di Stasiun Bogor pada pagi hari ini jumlah pengguna tercatat 11.701 pengguna hingga pukul 10.00 WIB.
"Pekan ini naik 9 persen dibandingkan pekan lalu, di tengah peningkatan volume ini, pengguna di seluruh stasiun KRL mengantre tertib. Pengguna antre sesuai marka yang tersedia dan mengikuti arahan dari petugas," jelas dia dalam keterangan resmi, Senin (29/5/2020).
Anne mengatakan, untuk meningkatkan keamanan pihaknya juga mengujicobakan layanan informasi terbaru berupa info posisi antrean di Stasiun. Info ini disajikan melalui aplikasi KRL Access serta twitter dan instagram @commuterline.
Para pengguna kemudian menjadikan informasi ini untuk mempertimbangkan kembali waktu keberangkatan atau pun moda transportasi yang akan dipilih.
"Kami tetap mengimbau kepada pengguna jasa untuk menggunakan masker, ikuti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan, dan selalu jaga jarak dengan mematuhi marka yang ada," terang dia.
Di sisi lain, pihaknya mendukung berbagai lembaga, kantor, dan dunia usaha dapat menerapkan sistem jam kerja bertahap bagi karyawannya yaitu jam kerja tahap satu yang dimulai pukul 07.00 atau 07.30 dan tahap dua yang dimulai 10.00 atau 10.30 sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No. 8 Tahun 2020 tentang Pengaturan Jam Kerja Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Wilayah Jabodetabek.
Dengan pengaturan jam kerja bertahap, PT KCI berharap antrean di stasiun dapat lebih lancar dan mengurangi waktu tunggu para pengguna KRL.
Pada pagi hari, PT KCI juga menyiapkan jadwal kereta dengan pemberangkatan yang bukan stasiun awal namun termasuk dari stasiun dengan jumlah pengguna KRL terbesar.
Pemberangkatan tersedia misalnya dari Stasiun Cilebut, Bojonggede, Citayam, Tambun, dan Sudimara.
Jadwal ini dibuat untuk mengakomodir pengguna di stasiun yang bukan stasiun pemberangkatan. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, petugas juga secara rutin membersihkan stasiun dan KRL dengan menyemprotkan cairan desinfektan saat KRL selesai beroperasi dan membersihkan bagian-bagian di dalam KRL yang sering disentuh, seperti gagang dan tiang di dalam KRL.
Sebagai informasi, keterangan ini dikeluarkan pihak KRL usai sejumlah calon penumpang KRL memadati beberapa stasiun, misalnya Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, dan Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (29/6/2020). Pembatasan penumpang di dalam KRL maupun di area peron menyebabkan antrean panjang penumpang di stasiun tersebut.
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri