Advertorial

Pentingnya Vaksinasi Menjelang Vakansi

Penulis: Advertorial, tirto.id - 26 Des 2022 15:02 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Vaksinasi jelang liburan sangat dianjurkan sebab meski mengasyikan, liburan atau vakansi bisa mengacaukan sistem kekebalan tubuh.
tirto.id - Selama bertahun-tahun, Profesor Jane Gunn, Kepala Departemen Praktek Perawatan Umum University of Melbourne, mengamati pasien-pasiennya yang terburu-buru menyelesaikan pekerjaan secara berlebihan demi menyambut dan menjalani liburan.

“Mereka pergi liburan tetapi tidak bisa benar-benar menikmatinya karena kelelahan,” katanya. Rerata dari mereka mengeluhkan nyeri orot dan migrain.

Dr. Edo Paz, Vice President Medical platform telehealth K Health sekaligus kardiologis di White Plains Hospital, juga mengatakan, “Kamu mungkin jadi lebih stres, lelah, dan sebagainya pada hari-hari menjelang liburan, saat menyusun semua rencana yang harus dibuat sebelum berlibur.”

Karenanya, penting untuk menjaga rutinitas tetap seimbang, bahkan ketika daftar pekerjaan tak ada habisnya sebelum berangkat. “Lakukan yang terbaik untuk menjaga sistem kekebalanmu sekuat mungkin selama masa rentan ini,” katanya. “Itu berarti makan sehat, olahraga, tidur yang cukup, jaga berat badan tetap sehat dan jangan merokok atau minum alkohol secara berlebihan.”

Sedia Payung Sebelum Hujan

Meski mengasyikan, liburan atau vakansi sesungguhnya bisa mengacaukan sistem kekebalan tubuh. Kita jadi rentan terhadap infeksi akibat berdekatan dan bersinggungan dengan banyak orang dalam transportasi umum maupun ruang publik.

Untuk menghindari risiko itu, mengutip Paz, setiap orang idealnya melakukan vaksinasi influenza. “CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merekomendasikan agar semua orang yang berusia lebih dari 6 bulan mendapatkan suntikan flu tiap tahun, ”tambahnya.

European Centre for Disease Prevention and Control pun merekomendasikan vaksinasi tahunan bagi kelompok berisiko tinggi, seperti ibu hamil, orang tua, anak umur 6 bulan–5 tahun, orang dengan masalah kesehatan tertentu, juga mereka yang bekerja di bidang kesehatan.

Hal ini penting, ditambah lagi dengan bepergian berarti risiko tubuh untuk terserang virus pun meningkat.

“Banyak infeksi yang disebarkan oleh droplet kecil dari orang yang sedang sakit, yang dapat tetap berada di udara atau di permukaan,” kata Paz. “Persoalan ini sangat mencolok di dalam pesawat, di mana ada banyak orang yang bepergian di ruang kecil dengan sirkulasi udara yang berkurang dan penumpang yang sering berganti.”

Vaksinasi influenza, dikutip dari laman Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, efektif untuk mencegah penularan dan menekan risiko komplikasi influenza yang berat.

Penelitian teranyar bahkan mengungkap vaksinasi ini dapat menurunkan risiko stroke. Hubungan keduanya masih terus diteliti, tetapi dugaan sementara adalah inflamasi yang dialami penderita influenza berisiko sebabkan stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Infografik Advertorial Prodia
Infografik Advertorial Vaksinasi Bikin Vakansi Lebih Aman. tirto.id/Mojo


Liburan Lebih Nyaman

Vaksinasi, juga pemeriksaan kesehatan rutin, nyatanya memang penting dilakukan karena tubuh perlu dilindungi dari beberapa penyakit yang tidak menimbulkan gejala awal. Terlebih bagimu dan keluarga yang memiliki rencana vakansi ke luar negeri dengan perbedaan cuaca, suhu, dan waktu, sehingga tubuh memerlukan penyesuaian—bahkan mengalami penurunan daya tahan.

Perlu diperhatikan, perlindungan terhadap virus dan penyakit tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tetapi juga anak dan remaja. Infeksi virus dapat dialami siapa saja tergantung kondisi kesehatan atau sistem imun seseorang.

Sayang sekali jika kamu atau anggota keluarga mengalami masalah kesehatan saat liburan. Selain berpotensi mengubah rencana liburan dan membuat akses perjalanan menjadi terbatas, risiko penyakit menular ke anggota keluarga lain pun cukup besar.

Memasuki musim liburan akhir tahun, Prodia membuat beragam penawaran menarik lewat Prodia Year End Wellness di seluruh cabang Klinik Prodia. Berlaku sepanjang Desember 2022, paket pemeriksaan dan vaksinasi ini mencakup semua umur, mulai dari anak hingga dewasa.

Lewat promo ini, kamu bisa menikmati keringanan biaya mulai dari potongan 15 persen untuk vaksinasi, 10 persen plus gratis vaksin influenza untuk pembelian Paket Wellness dan paket lainnya, juga hemat 20 persen untuk Paket Spesial.

Jenis vaksinasi yang termasuk dalam program, antara lain, influenza, HPV, Hepatitis A, Hepatitis B, dan Pneumonia. Paket vaksinasi yang mendapat gratis vaksin influenza: Paket Wellness Medium dan Premium, Healthy Life 4, Imunitas 3, Multivitamin, Usia 6–12 Tahun, dan Usia 13–18 Tahun. Sedangkan yang termasuk dalam Paket Spesial adalah Healthy Life 1–4, Wellness Basic, Premarital Perempuan, Premarital Laki-laki, TORC, Tiroid, dan Lemak.

Laboratorium klinik yang sudah lebih dari 49 tahun berdiri ini berkomitmen untuk terus memberikan hasil akurat dan cepat, tentunya didukung oleh teknologi dan metode pemeriksaan termutakhir. Praktisnya, janji temu bisa dibuat hanya dengan mengakses Prodia Mobile, Kontak Prodia 1500830, atau laman www.prodia.co.id.

Tak cuma lewat perencanaan yang matang, vakansi akhir tahun bakal lebih nyaman dan berkesan setelah kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi sesuai kebutuhan.[]
(tirto.id - Mild Report)

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial

DarkLight