Pentingnya Memakai Sunblock Saat Ikut Demo Mahasiswa

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 25 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Paparan sinar matahari berbahaya bagi kulit Anda, sehingga jangan lupa gunakan sunblock saat Anda melakukan demo mahasiswa.
tirto.id - Demo mahasiswa terjadi di Jakarta, Jogja, Bandung, Malang, Balikpapan, Samarinda, Purwokerto dan lainnya dalam beberapa hari ini. Demo di berbagai kota itu menyuarakan tuntutan hampir sama, terutama menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK.

Saat melakukan demo, ada baiknya Anda menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sebab paparah sinar matahari dapat menyebabkan permasalahan kulit, mulai dari kulit kering, kulit kusam, timbulnya bintik hitam hingga kanker kulit. Berikut cara yang tepat menggunakan sunblock agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Kapan harus menggunakan sunblock?

Dilansir dari laman WebMD Anda sebaiknya mengoleskan tabir surya sekitar 30 menit sebelum mengikuti demo atau berada di bawah sinar matahari untuk hasil terbaik sehingga dapat diserap oleh kulit dan lebih kecil kemungkinannya untuk hilang ketika Anda berkeringat.

Ingatlah untuk menggunakan kembali tabir surya setelah berenang atau berolahraga berat.

Oleskan tabir surya secara berulang tiga sampai empat jam sekali sepanjang hari jika Anda ikut demo. Serta jangan lupa gunakan topi serta pakaian pelindung.

  • Cara menggunakan sunblock atau tabir surya.

Sunblock, sunscreen atau tabir surya ini terdiri dari tiga macam yaitu krim, spray, stick. Sebelum keluar rumah ada baiknya Anda menggunakan sunblock jenis krim. Pastikan untuk menerapkan tabir surya yang cukup. Sebagai aturan praktis, gunakan satu ons (segenggam) untuk menutupi seluruh tubuh Anda.

Gunakan tabir surya pada semua bagian kulit Anda yang terkena sinar matahari, termasuk telinga, punggung, bahu, dan belakang lutut dan kaki. Oleskan dengan tebal dan menyeluruh. Hati-hati saat mengoleskan tabir surya di sekitar mata.

Lalu saat sudah mengikuti demo atau berada di luar rumah ada baiknya Anda menggunakan sunblock dengan jenis spray untuk mengulang penggunaan sunblock yang sebelumnya sudah Anda gunakan di rumah. Sunblock jenis ini paling mudah untuk di aplikasikan. Guna mendapat manfaat yang maksimal dari tabir surya Anda harus mengulang penggunaannya setiap tiga hingga empat kali sehari.

Jika menggunakan sunscreen jenis spray pastikan kocok sebelum digunakan untuk mencampur partikel yang mungkin menggumpal dalam wadah.

  • Yang harus diperhatikan saat memilih tabir surya

Pilih tabir surya spektrum luas yang melindungi terhadap sinar UV-A dan UV-B dan memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15. Jangan lupa baca label produk terlebih dahulu. Cari merek sunscreen yang tahan air jika Anda akan berkeringat atau berenang. Beli produk tidak menyengat atau yang diformulasikan khusus untuk wajah Anda.

Beli merek yang tidak mengandung asam para-aminobenzoic (PABA) jika Anda peka terhadap bahan tersebut. Coba tabir surya dengan bahan kimia yang berbeda jika kulit Anda bereaksi buruk terhadap yang Anda gunakan. Tidak semua tabir surya memiliki bahan yang sama.

Gunakan tabir surya berbasis air jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan terhadap jerawat. Sadarilah bahwa lebih mahal bukan berarti lebih baik. Meskipun merek yang mahal mungkin baunya lebih harum dan terlihat lebih baik, itu belum tentu lebih efektif daripada produk yang lebih murah. Waspadai tanggal kedaluwarsa karena beberapa bahan tabir surya mungkin mengalami penurunan kualitas seiring waktu.


Baca juga artikel terkait SUNBLOCK atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight