Pengumuman Mandiri UB 2022

Pengumuman Hasil SMUB Jalur Prestasi 2022 & Jadwal Daftar Ulang

Penulis: Addi M Idhom - 23 Jun 2022 19:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini link pengumuman SMUB Jalur Prestasi 2022, dan cara cek kelulusan peserta, serta jadwal daftar ulang di UB.
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) 2022 jalur Prestasi dirilis hari ini, Kamis, 23 Juni 2022. Pengumuman SMUB UB jalur Prestasi 2022 itu bisa diakses mulai pukul 18.00 WIB.

Panitia penerimaan mahasiswa baru UB sebelumnya menjadwalkan pengumuman tersebut pada 14 Juni lalu. Namun, jadwal itu kemudian direvisi sehingga hasil SMUB jalur prestasi 2022 baru bisa diketahui pada hari ini.

Universitas Brawijaya (UB) sudah menyiapkan laman khusus untuk merilis pengumuman itu. Untuk melihat pengumuman hasil SMUB jalur Prestasi 2022 para peserta seleksi tersebut bisa mengakses link di bawah ini:

Link Pengumuman SMUB Jalur Prestasi 2022.

Setelah membuka link di atas, peserta SMUB 2022 jalur prestasi dapat mengecek status kelulusannya dengan cara berikut:

1. Ketik/masukkan nomer kode peserta SMUB Jalur Prestasi 2022

2. Ketik/masukkan tanggal lahir (contoh format: 2001/10/20)

3. Atau, ketik/masukkan nomer HP yang didaftarkan saat registrasi peserta

4. Atau, ketik/masukkan nomor PIN

5. Lalu, klik tombol "CARI"

6. Status kelulusan peserta SMUB 2022 Jalur Prestasi akan muncul.


Jadwal Daftar Ulang SMUB Jalur Prestasi 2022 & Persyaratan

Proses daftar ulang SMUB 2022 Jalur Prestasi diawali dengan pemberkasan. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi dalam SMUB Jalur Prestasi diharuskan untuk melakukan pemberkasan online di laman admisi.ub.ac.id.

Jadwal pemberkasan online bagi peserta yang lolos SMUB Jalur Prestasi 2022 dimulai dari 27 Juni, pukul 10.00 WIB. Tahapan pemberkasan online ini akan ditutup pada pukul 23.59 WIB, 15 Juli 2022.

Ada sejumlah berkas persyaratan yang harus diunggah oleh peserta SMUB 2022 Jalur Prestasi ketika melakukan pemberkasan online.

Berikut sejumlah berkas yang harus diunggah dan ketentuannya:

1. Foto diri

Foto diri peserta telah tersedia di laman admisi.ub.ac.id, sesuai isian pada saat pendaftaran SMUB Jalur Prestasi 2022. Ketentuan foto diri peserta adalah posisi foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi (bagi yang berjilbab wajib menyesuaikan). Adapun ukuran foto diri peserta adalah 4×6 dengan latar belakang polos warna merah. Bentuk file foto diri yang diunggah berupa JPEG. Peserta bisa mengunggah foto diri baru di laman admisi, jika foto lama yang diubmit dinilai tidak sesuai.

2. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Calon mahasiswa yang diterima di prodi-prodi dari fakultas non kesehatan (selain FK, FKG, FKH, dan FIKES) harus mengunggah SKBN dengan minimal 3 parameter. Penentuan jenis zat tergantung pada lokasi pemeriksaan.

Sebagai contoh, SKBN bisa memuat hasil tes bebas dari paparan zat Amphetamine (AMP), Methamphetamine, dan Benzodiazepine (zat dapat di luar parameter tersebut).

Surat keterangan bebas narkoba wajib ditandatangani oleh dokter pemeriksa yang disertai stempel basah. Tanda tangan di SKBN bisa berupa Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Adapun lokasi pemeriksaan untuk mendapatkan SKBN bisa di RS Kepolisian, RSUD milik pemerintah (kota/kab dan provinsi), RS Swasta, BNN, Puskesmas, Poli/Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba di kota domisili masing-masing peserta.

3. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna (untuk prodi tertentu)

Calon mahasiswa yang diterima di prodi-prodi non kesehatan (selain FK, FKG, FKH, dan FIKES), yang menerapkan syarat "tidak buta warna" atau hanya memperbolehkan "buta warna parsial," wajib mengunggah surat keterangan pemeriksaan buta warna.

Detail syarat di masing-masing prodi bisa dicek melalui link berikut:

-selma.ub.ac.id/indeks-program-studi-sarjana/

-selma.ub.ac.id/indeks-program-studi-diploma/

Surat keterangan pemeriksaan buta warna itu harus ditandatangani oleh dokter pemeriksa disertai stempel basah, dan boleh dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Lokasi pemeriksaan buta warna dapat di Dokter Spesialis Mata, RSUD milik pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, RS Swasta, Puskesmas/Fasilitas Kesehatan, Poli/Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas di kota domisili masing-masing.

Jika hasil tes buta warna ternyata tidak memenuhi syarat DARI program studi, calon mahasiswa wajib melakukan konfirmasi via kanal Halo SELMA (https://haloselma.ub.ac.id) dengan subyek “Konfirmasi hasil tes buta warna”.

D. Hasil Tes Kesehatan dan Tes Psikologi (prodi tertentu)

Calon mahasiswa yang diterima di prodi-prodi dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Ilmu Kesehatan, wajib mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi. Tes dilaksanakan di tempat domisili masing-masing, sesuai pengumuman UB di link ini.

Adapun jadwal tes kesehatan dan tes psikologi adalah sebagai berikut:

  • 27-8 Juli 2022: Tes Kesehatan di lokasi domisili peserta
  • 27-9 Juli 2022: Upload (softcopy) dan mengirim berkas (hardcopy)
  • 27-11 Juli 2022: Verifikasi oleh tim Tes Kesehatan
  • 13 Juli 2022: Pengumuman hasil tes kesehatan di selma.ub.ac.id.

Sebagai informasi, biaya kuliah mahasiswa baru lulusan SMUB Jalur Prestasi terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI). UKT harus dibayarkan pada setiap semester. Adapun IPI cuma dibayar sekali di semester awal.

Nilai biaya kuliah atau biaya pendidikan proporsional akan diumumkan pada laman admisi.ub.ac.id pada 19 Juli 2022.

Calon mahasiswa dari jalur prestasi SMUB 2022 diminta melakukan pembayaran uang kuliah tersebut mulai dari 21 Juli 2022 (pukul 10.00 WIB) sampai 12 Agustus 2022 (pukul 23.59 WIB).

Informasi selengkapnya mengenai daftar ulang SMUB Jalur Prestasi 2022 bisa dicek melalui tautan ini.

Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI 2022 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight