Pengumuman Hasil SIMAK UI untuk Ekstensi/Paralel Pada 13 Agustus

Oleh: Yantina Debora - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Simak UI merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3 akan diumumkan pada Senin 13 Agustus 2018 pukul 10.00 WIB.

Simak UI merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar).

Simak UI diperuntukkan untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister hingga Doktor.

Periode pendaftaran SIMAK UI untuk Ekstensi/Paralel Lulusan D3 dilakukan secara online pada 25 Juni - 23 Juli 2018.

Prosedur Pendaftaran untuk Ekstensi/Paralel Lulusan D3
  1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI http://penerimaan.ui.ac.id/
  2. Setelah login, peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran min.400x600 pixel.
  3. Selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran.
  4. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan.
  5. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya.
  6. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  7. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online.
  8. Mengikuti ujian kekhususan yang diadakan oleh program studi yang dipilih peserta (jika program studi tersebut mensyaratkan ujian kekhususan). Untuk jadwal ujian kekhususan dapat dilihat pada menu sebelah kiri.
  9. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.
Cara cek hasil SIMAK UI untuk Ekstensi/Paralel bisa melalui login di akun pendaftaran http://penerimaan.ui.ac.id. Selanjutnya akan muncul keterangan kelulusan SIMAK, apakah kamu dinyatakan lulus atau tidak.


Baca juga artikel terkait PENERIMAAN MAHASISWA BARU atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora