Penggunaan Ponsel di Meja Makan Bisa Mengurangi Kenikmatan

Oleh: Yulaika Ramadhani - 7 Maret 2018
Kenikmatan makan bersama akan berkurang dengan penggunaan teknologi di atas meja makan
tirto.id - Berdasarkan penelitian, penggunaan ponsel selama makan menyebabkan penurunan kenikmatan makan bersama, hal yang sederhana namun nyata.

Penelitian diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology ini menyebutkan bahwa kenikmatan makan bersama akan berkurang dengan penggunaan teknologi di atas meja makan.

Teknologi di meja menyebabkan orang merasa lebih terganggu dan kurang bergaul secara sosial, serta menyebabkan penurunan kenikmatan,” jelas Elizabeth Dunn, seorang profesor psikologi dan penulis senior studi tersebut.

Para peneliti meminta 300 orang untuk pergi makan malam bersama teman atau keluarga, dengan maksud mempelajari bagaimana penggunaan ponsel mempengaruhi suasana makan bersama.

Untuk menyamarkan maksud penelitian tersebut, para periset mengatakan kepada setengah kelompok bahwa mereka akan menerima pertanyaan terkait studi oleh teks pada suatu saat selama makan, jadi mereka harus menjaga perangkat mereka di atas meja. Setengah lainnya berpikir bahwa mereka akan menjawab pertanyaan di atas kertas selama makan, dan diminta untuk meletakkan ponsel mereka sebagai bagian dari daftar arah studi yang lebih panjang.

Kemudian, kedua kelompok tersebut diminta menjawab pertanyaan tentang kenikmatan makanan, penggunaan telepon dan pengalaman bersantap dengan keluarga secara keseluruhan. Hasilnya ternyata signifikan, penggunaan telepon di meja menyebabkan orang merasa lebih terganggu dan kurang bergaul secara sosial, serta menyebabkan penurunan kenikmatan.

"Penggunaan telepon mungkin menular. Orang lebih cenderung menggunakan ponsel mereka ketika orang lain di sekitar mereka juga menggunakan ponsel, jadi semacam efek domino yang negatif,"jelas Dunn.

Dunn juga menambahkan bahwa kita sebenarnya bisa menghindari efek negatif tersebut. "Dengan meletakkan ponsel Anda sendiri, Anda mungkin akan menciptakan efek domino yang positif juga."

Baca juga artikel terkait PONSEL atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani