tirto.id - Pengguna internet di Indonesia didominasi generasi yang lahir di era 1980an dan 1990an atau generasi milenial. Hal ini terungkap dari survei terbaru Asosiasi penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Oktober 2016, yang diterima Tirto, Selasa (25/10/2016).
Survei itu menunjukkan 80 persen atau sekitar 25 juta pengguna internet Indonesia adalah mereka yang berusia 25-29 tahun dan sekitar 72 persen pengguna berusia 30-34 tahun.
Dari sisi pekerjaan, pengguna internet yang dominan di Indonesia adalah para karyawan swasta sekitar 88 persen dan mahasiswa 89 persen.
Sementara dari sisi jenis layanan internet yang digunakan, ada 92,8 juta (69,9 persen) pengguna internet Indonesia menggunakan internet mobil. Sisanya menggunakan layanan internet rumah, fasilitas kantor dan internet kantor.
Perlu diketahui bahwa pengguna internet di Indonesia haus akan informasi terbaru. Dari survei itu diketahui 31,3 juta pengguna menjadikan update informasi sebagai alasan utama mengakses internet. Angka tersebut melebihi jumlah pengguna yang mengakses internet karena alasan pekerjaan (27,6 juta) dan sekadar mengisi waktu luang (17,9 juta).
Namun mereka cenderung pasif dalam memperoleh informasi. Hal ini diketahui dari perilaku jenis konten internet yang diakses didominasi media sosial yakni sebanyak 97,4 persen. Hal ini sejalan dengan media sosial yang sering dikunjungi yakni Facebook dengan angka mencapai 54 persen atau sekitar 71,6 juta pengguna.