Pendaftaran UII Jalur Rapor 2022 dan Syarat-syaratnya

Penulis: Abdul Hadi - 23 Jun 2022 16:58 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal pendaftaran UII jalur rapor 2022 berakhir pada 24 Juli 2022. Berikut ini ketentuan dan syarat-syaratnya.
tirto.id - Salah satu jalur seleksi Universitas Islam Indonesia (UII) adalah pendaftaran UII jalur rapor 2022. Pendaftaran ini dilakukan melalui seleksi nilai rapor siswa semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran agama, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Lantas, bagaimana ketentuan dan syarat-syaratnya?

Seleksi pendaftaran UII jalur rapor 2022 ini dikenal dengan seleksi berbasis rapor atau Siber. Pendaftaran Siber ini dilakukan dalam 6 gelombang, mulai dari 14 Desember 2021 hingga 24 Juli 2022. Pendaftaran Siber ini adalah seleksi tanpa tes dan hanya mengandalkan nilai pengetahuan dari 4 mata pelajaran di atas yang tertera di rapor masing-masing siswa.

Dari profil kampusnya, Universitas Islam Indonesia atau UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 8 Juli 1945.

Saat ini, UII memiliki 9 fakultas dan program pasca sarjana. Kesembilan fakultas tersebut adalah Fakultas Bisnis & Ekonomika (FBE), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI), Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknologi Industri (FTI), International Programme (IP), dan program pascasarjana.

Jadwal Pendaftaran UII Jalur Rapor 2022


Dari 6 gelombang pendaftaran UII jalur rapor 2022, saat ini yang masih berlangsung adalah gelombang 5 dan gelombang 6. Rincian jadwal gelombang pendaftaran dan pengisian data itu adalah sebagai berikut:

  • Gelombang 1 (14 Des 2021 – 16 Jan 2022)
  • Gelombang 2 (17-28 Februari 2022)
  • Gelombang 3 (1 Maret- 17 April 2022)
  • Gelombang 4 (18 April - 31 Mei 2022)
  • Gelombang 5 (1-30 Juni 2022)
  • Gelombang 6 (1-24 Juli 2022)

- Verifikasi Isian Data dan Pengumuman Hasil (Paling lambat 7 hari kerja setelah pendaftar selesai mengisikan data dan mengunggah dokumen)

- Pembayaran Registrasi Uang Kuliah Angsuran I (Paling lambat 20 hari kalender dari tanggal pengumuman)

- Key In Data dan Unggah Dokumen Registrasi (Paling lambat 30 hari kalender dari tanggal pembayaran registrasi atau maksimal 5 Agustus 2022)


Syarat-syarat Pendaftaran UII Jalur Rapor 2022


Berikut ini syarat-syarat calon pendaftar untuk mengikuti seleksi Siber UII 2022:

  • Siber dibuka untuk pendaftar yaitu lulusan SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren tahun 2022 dan sebelumnya (tidak ada batasan tahun kelulusan).
  • Pendaftar Siber yang merupakan lulusan Pondok Pesantren tidak dikenai kewajiban adanya surat keterangan sedang/telah melaksanakan pengabdian.
  • Khusus untuk program studi kedokteran, akta kelahiran yang disyaratkan maksimal berusia 21 tahun bagi calon pendaftar.

Biaya Pendaftaran UII Jalur Rapor 2022


Jenjang pendaftaran Siber UII 2022 diperuntukkan bagi S1, D3, atau sekaligus S1 dan D3. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Siber dengan pilihan semua Prodi S1 (Rp200.000)
  • Siber dengan pilihan Prodi S1 dan D3 (Rp200.000)
  • Siber dengan pilihan semua Prodi D3 (Rp100.000)

Tata Cara Pendaftaran UII Jalur Rapor 2022


Langkah-langkah melakukan pendaftaran UII jalur rapor 2022 yang dapat diikuti:

1. Melakukan proses pendaftaran secara online di laman admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):

  • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII. Pendaftaran NIU dapat dilakukan pada laman daftar.uii.ac.id.
  • Mengakses laman admisi.uii.ac.id untuk memilih pola seleksi Siber pada Menu “Beli Formulir”.
  • Memilih program studi (maksimal 3 prodi).
  • Mendapatkan nomor tagihan.

2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran Siber sesuai dengan nomor tagihan. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua kanal yang dilayani (kantor cabang, ATM, internet banking, atau mobile banking) oleh Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank BPD DIY, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin. Informasi terkait pembayaran dapat diakses pada laman pmb.uii.ac.id/pembayaran-via-bank.

3. Masuk di admisi.uii.ac.id untuk mengisi data nilai rapor Semester 1, 2, 3, 4 dan 5 (Nilai Pengetahuan) untuk mata pelajaran yang disyaratkan. Pada tahap ini pendaftar juga wajib mengunggah scan halaman nilai rapor Semester 1, 2, 3, 4 dan 5 dalam format PDF, JPEG, PNG.

4. Setelah pendaftar menyetujui komitmen atas kebenaran data yang diisikan dan dokumen yang diunggah, Panitia PMB UII akan melakukan tahap verifikasi atas isian data dan dokumen yang diunggah. Tahap verifikasi isian data sekaligus pengumuman hasil seleksi membutuhkan waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah pendaftar selesai mengisikan data dan mengunggah dokumen.

5. Pendaftar dapat melihat dan mengunduh pengumuman hasil seleksi Siber di laman admisi.uii.ac.id:

  • Bagi pendaftar yang tidak lolos tahap verifikasi isian data (ada kesalahan dalam mengisikan data nilai rapor atau pada dokumen yang diunggah) maka dinyatakan tidak lolos verifikasi dan tidak diterima.
  • Bagi pendaftar yang lolos tahap verifikasi dan dinyatakan diterima (skor seleksi memenuhi passing grade Prodi pilihan) dapat mencetak Surat Keputusan Rektor dan melanjutkan ke tahap registrasi.
  • Bagi pendaftar yang lolos tahap verifikasi namun dinyatakan tidak diterima (skor seleksi tidak memenuhi passing grade Prodi pilihan) akan diberi rekomendasi prodi-prodi yang memiliki passing grade sesuai dengan penghitungan skor nilai rapor. Jika pendaftar memilih salah satu prodi di fitur rekomendasi maka dapat melanjutkan ke tahap Registrasi. Rekomendasi ini merupakan tawaran dan bersifat optional (tidak wajib untuk diterima oleh pendaftar).
Rincian pendaftaran untuk UII jalur rapor 2022 dapat diakses pada tautan di sini.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yantina Debora

DarkLight