STOP PRESS! Ombudsman Gelar Dengar Pendapat Proyek Meikarta Hari Ini

Pemudik Stasiun Pasar Senen Ramai Gunakan Arena Ramah Anak

Pemudik Stasiun Pasar Senen Ramai Gunakan Arena Ramah Anak
Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro (kanan) berbincang dengan penumpang kereta api di ruang tunggu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (9/6). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
20 Juni, 2017 dibaca normal 1 menit
Seorang pemudik sengaja memanfaatkan fasilitas tersebut supaya anak yang masih berumur lima tahun tidak bosan menunggu kedatangan kereta.
tirto.id - Fasilitas "Arena Lingkungan Ramah Anak" ramai dimanfaatkan sejumlah pemudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sambil menunggu waktu keberangkatan kereta, Selasa (20/6/2017).

Seorang pemudik bernama Farida (30) mengaku sengaja memanfaatkan fasilitas tersebut supaya anak perempuannya yang masih berumur lima tahun tidak bosan menunggu kedatangan kereta.

"Lumayan ada fasilitas itu. Anak saya jadi tidak bosan menunggu kereta. Dari pada cuma tidur-tiduran saja. Lebih baik menunggu sambil mewarnai," kata Farida di Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, salah satu petugas yang ada di fasilitas itu, Rosmalinda menuturkan fasilitas tersebut memang sengaja dibuat agar anak-anak tidak bosan menunggu datangnya kereta.

"Sambil menunggu kereta, akan lebih baik kalau anak-anak bisa melakukan kegiatan yang positif, salah satunya mewarnai. Makanya, kami buat fasilitas ini," tutur Rosmalinda.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan fasilitas tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Sahabat Kereta Api Indonesia (SKAI) DAOP I.

Fasilitas itu khusus diperuntukkan bagi anak-anak di bawah 12 tahun. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pemudik untuk menikmati fasilitas itu alias gratis.

"Selain mewarnai, kami juga berencana menambah kegiatan lain, yaitu menghafal Alquran. Nanti yang bisa menghafal sejumlah surat, bisa dapat hadiah berupa paper craft berbentuk kereta api," ungkap Rosmalinda.

Fasilitas tersebut akan terus dibuka selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Setiap hari, fasilitas itu dibuka mulai pukul 09.00 WIB pagi hingga malam hari pukul 20.00 WIB.

Melalui penuturan Humas Stasiun Pasar Senen, Yoga, diketahui jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen hari ini, Selasa, sebanyak 25.891 orang atau lebih banyak dari hari sebelumnya (19/6/2017) yang sebanyak 25.275 orang.

Sementara itu, Kepala Stasiun Pasar Senen Dedi memprediksi kepadatan penumpang mudik dimulai pada H-4 Lebaran atau pada 21 Juni 2017 besok. "Prediksi jumlah penumpang terbanyak mulai tanggal 21. Kita ada tambahan 1 KA premium ke Semarang," kata Dedi di Stasiun Pasar Senen, Selasa.

Meski begitu, Dedi menuturkan kepadatan penumpang telah dimulai sejak tanggal 15 Juni lalu atau H-10 Lebaran. Menurutnya, sejak tanggal itu pihaknya telah memberangkatkan lebih kurang 150.00 pemudik.

"Artinya keberangkatan rata-rata 25.000 penumpang," katanya mengungkapkan.

Untuk mengantisipasi kepadatan tersebut, Dedi mengaku pihaknya telah menyiapkan 9 kereta tambahan setiap harinya. Termasuk 15 rangkaian gerbong untuk kereta Kertajaya jurusan Surabaya dan Tawang Jaya jurusan Yogyakarta.

"Dua kereta itu sekali berangkat 1500 penumpang. Nanti mulai tanggal 21 ada 10 kereta tambahan. Jadi ada 34 setiap harinya ditambah 24 gerbong kereta biasa," tuturnya.

Pemudik Stasiun Pasar Senen Ramai Gunakan Arena Ramah Anak

Baca juga artikel terkait ARUS MUDIK atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword