Pemprov Berencana Rayakan HUT Jakarta Tahun Ini di Kepulauan Seribu

Oleh: Hendra Friana - 19 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sandiaga Uno menyatakan, pemprov berencana menggelar acara HUT DKI Jakarta pada 22 Juni 2018 di Kepulauan Seribu dengan berbagai kegiatan, termasuk festival musik.
tirto.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-401 di Kepulauan Seribu, 22 Juni 2018 mendatang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan, saat ini beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI tengah mempersiapkan rangkaian perhelatan yang akan dimulai pada bulan Mei tersebut.

"Ada rangkaian kegiatan salah satunya adalah festival musik reggae dan beberapa kegiatan di Pulau Tidung dan di puncak yang dengan kegiatan aquathlon," ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Menurut Sandiaga, perayaan HUT Jakarta di Kepulauan Seribu juga ditujukan agar ekonomi di wilayah tersebut dapat bergerak lebih cepat dan memunculkan lapangan kerja baru untuk masyarakat.

"Sekarang sudah ada geliatnya di sana. Tapi kita perlu lagi untuk lebih memviralkan kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata andalan dari Pemprov DKI," tutur mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia tersebut.

Selain festival musik, kata dia, akan ada pula kegiatan gerebek sampah yang dikoordinasi oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, dan acara pelepasan anak penyu dan benih ikan di pulau Tidung.

"Ada melepas benih ikan, dan beberapa kegiatan yang rencananya juga akan dihadiri oleh Ibu Susi Pudjiastuti" imbuhnya.

Tahun 2016, perayaan HUT Jakarta dicanangkan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ulang tahun Jakarta saat itu mengangkat tema “Jakarta Bersih, Maju, Melayani”, yang ditandai penyerahan secara simbolis logo HUT DKI Jakarta kepada para wali kota dan bupati.

Sementara di tahun 2017 kemarin, perayaan HUT dimulai di Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara, oleh pelaksana tugas Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat.

Pada tahun itu, tema yang diangkat adalah “Beragam, Bersatu, Melayani”. Djarot mengatakan tema ini diharapkan mampu membuat Jakarta bersatu dan menjadi lebih maju.

Baca juga artikel terkait HUT DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight