Pemerintah Cina: 1.716 Petugas Kesehatan Terinfeksi Virus Corona

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 14 Februari 2020
Lebih dari 87 persen pekerja medis yang terinfeksi berada di Hubei.
tirto.id - Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional China Zeng Yixin mengatakan bahwa 1.716 petugas kesehatan telah terinfeksi oleh virus corona COVID-19 dan enam dari mereka telah meninggal dunia, Jumat (14/2/2020).

Zeng, pada konferensi pers tentang melindungi pekerja medis, mengatakan jumlah staf medis yang terinfeksi meningkat.

Ia menambahkan, pejabat dan rumah sakit Cina juga telah berulang kali mencatat kekurangan peralatan pelindung, termasuk masker wajah, ketika penyakit itu merebak di Hubei dan menyebar ke seluruh negeri.

"Saat ini, tugas petugas medis di lapangan memang sangat berat, keadaan kerja dan istirahat mereka terbatas, tekanan psikologis sangat besar, dan risiko infeksi tinggi," kata Zeng, melansir laman Antara News.

Lebih dari 87 persen pekerja medis yang terinfeksi berada di Hubei, provinsi di pusat penyebaran virus yang muncul pada Desember dan telah menewaskan sekitar 1.380 orang serta menulari lebih dari 60.000 orang.

Zeng menambahkan, analisis lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui jumlah pekerja medis yang terinfeksi di rumah sakit.

Sementara itu, berdasar data arcgis.com hingga Jumat (14/2/2020) pukul 16.23 WIB setidaknya sudah ada 64,447 yang positif terinfeksi virus corona COVID-19. Dari jumlah tersebut 7,050 dinyatakan sembuh dan 1,384 meninggal dunia.


Baca juga artikel terkait CORONA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight