Pemenang Oscar 2020: Joaquin Phoenix Raih Aktor Terbaik Lewat Joker

Kontributor: Maria Ulfa - 10 Feb 2020 12:23 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Joaquin Phoenix berhasil meraih Piala Oscar 2020 dalam kategori Aktor Terbaik
tirto.id - Joaquin Phoenix berhasil meraih Piala Oscar 2020 dalam kategori Aktor Terbaik melalui perannya dalam film Joker karya sutradara Todd Philips.

Academy Awards atau Oscar digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (9/2/2020) malam waktu setempat atau Senin (10/2/2020) pukul 08.00 WIB.

Joaquin Phoenix berhasil menyingkirkan para nominee lainnya, yakni Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time…in Hollywood), Antonio Banderas (Pain and Glory), Adam Driver (Marriage Story), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Dalam pidato kemenangannya yang panjang, Joaquin Phoenix meminta kepada umat manusia untuk berhenti berkelahi satu sama lain, dan berhenti menjarah sumber daya alam yang ada di bumi.

Khususnya, Joaquin Phoenix menekankan kekejaman yang yang melibatkan industri peternakan sapi perah, demikian seperti dikutip The Guardian.

Kemudian, Joaquin Phoenix menutup pidato kemenangannya itu dengan mengutip lirik lagu yang ditulis oleh mendiang kakaknya, River, “Lari ke penyelamatan dengan cinta, dan kedamaian akan mengikutinya.”

Ini merupakan kemenangkan pertama Joaquin Phoenix di Oscar, setelah sebelumnya ia sempat dinominasikan pada Oscar 2006 lewat film Walk the Line dan Oscar 2013 lewat film yang ia bintangi, The Master.

Akan tetapi, ini bukan pertama kalinya Joaquin Phoenix memenangkan kategori Aktor Terbaik dalam ajang penghargaan bergengsi. Sebelumnya, Joaquin Phoenix telah berhasil memboyong penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam ajang British Academy Film Awards (BAFTA), Critic’s Choice Awards, Screen Actors Guild awards (SAG), dan Golden Globes.

Sinopsis Joker

Joker bercerita tentang seorang pria bernama Arthur Fleck yang berjuang mencari jati diri di Kota Gotham. Fleck bekerja sebagai badut. Seperti yang dikatakan ibunya, tujuan hidupnya adalah membuat orang tertawa.

Kemudian dia tampil sebagai komika pada malam hari, tetapi lelucon yang Fleck buat selalu berbalik kepadanya. Di antara serbuan tawa ejekan penontonnya, Fleck membuat keputusan jahat yang melahirkan jati dirinya sebagai Joker.

Meskipun tokoh Joker berasal dari serial komik DC, sutradara Todd Phillips mengatakan film Joker tidak mengikuti karakter di dalam komik tersebut.

"Kami tidak mengikuti apa pun dari buku komik, yang mana akan membuat banyak orang marah,” kata Phillips seperti dikutip Empire.

“Kami hanya menulis versi kami sendiri terkait Joker berasal. Itu adalah hal yang menarik untukku. Kami bahkan tidak megerjakan Joker namun ceritanya tentang kemunculan Joker. Ceritanya tentang laki-laki ini [Arthur Fleck]," tambahnya.

Dalam Venice Film Festival, Joker berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi. Selain sebagai sutradara, Phillips juga menulis naskah Joker bersama Scott Silver. Joker sendiri berada dalam naungan studio produksi Warner Bros. Pictures.

Selain Joaquin Phoenix, pemain lain yang bergabung di dalam film Joker di antaranya Robert De Niro, Zazie Beetz, Shea Whigham, Brett Cullen, Frances Conroy, Douglas Hodge dan Shea Whigham. Joker sendiri telah dirilis di Indonesia secara serentak pada 4 Oktober 2019 lalu.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2020 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight