Pemakaman BJ Habibie Dilakukan Usai Salat Zuhur di TMP Kalibata

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 12 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
BJ Habibie akan dimakamkan setelah salat zuhur di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
tirto.id - Prosesi pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie rencananya dimulai setelah salat zuhur pada Kamis (12/9/2019). Upacara pemakaman diadakan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, dengan inspektur Presiden Joko Widodo.

Wakil Presiden ketujuh Republik Indonesia tersebut akan dikebumikan di samping pusara isterinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019).

Sampai pukul 03.30 WIB, suasana rumah BJ Habibie sudah sepi dari para pelayat. Hanya ada beberapa anggota keluarga berada di sisi peti jenazah Habibie yang dijaga oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Di luar, ratusan karangan bunga berbaris menyisir tepi jalan. Tanda turut berduka cita itu berasal dari berbagai pihak termasuk dari Presiden Joko Widodo berserta keluarga, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta keluarga dan Wakil Presiden Indonesia terpilih 2019-2024 KH Ma'ruf Amin berserta keluarga.

Tenda beratap putih sepanjang 96 meter didirikan di depan rumah almarhum Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis dini hari.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun di lokasi, nantinya tenda yang beralaskan karpet berwarna merah digunakan dalam bagian acara prosesi pemakaman Habibie yang wafat pada Rabu (11/9) petang di Jakarta.

Lalu, akan ada sekitar 500 kursi yang disiapkan untuk para tamu di bawah tenda tersebut. Kemudian, terdapat pula dua televisi layar datar yang ditujukan untuk pelayat di luar ruangan.

Alat pendeteksi logam (metal detector) dan pemindai barang bawaan juga disiagakan di salah satu gerbang masuk rumah Habibie.

Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9). Jasadnya disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh anak BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie.

“Ayah saya, Presiden RI ketiga, telah meninggal pukul 18.03, innalillahi wainailaihi," ujar Thareq, di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

Menurut Thared, BJ Habibie meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya. Sebagaimana diketahui pada 2018 Habibie telah menjalani perawatan dan operasi akibat kebocoran katup jantung.

“Kenapa meninggal, sudah menua. Dan memang saya katakan kondisinya memang sudah gagal jantung," lanjutnya.


Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE MENINGGAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Maya Saputri
DarkLight