Pegawai KPK Kembali Diserang, ICW: Karena Kasus Lainnya Tak Tuntas

Oleh: Mohammad Bernie - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
ICW menyebut tidak tuntasnya kasus penyerangan terhadap KPK yang terjadi sebelumnya membuat pihak lain tidak ragu ketika hendak menyerang pegawai KPK lainnya.
tirto.id - Pegawai Komisi Peberantasan Korupsi (KPK) kembali jadi korban penyerangan saat bertugas. Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Agus Sunaryanto menilai hal itu karena kasus teror dan kekerasan terhadap KPK yang terjadi sebelumnya tak pernah tuntas.

"Karena memang tidak tuntas kasusnya, tidak ada kejelasan sama sekali sampai sejauh mana apakah pelaku kekerasan teror itu diproses secara hukum?" kata Agus kepada reporter Tirto, Senin (4/2/2019).

Menurutnya, dengan tidak beresnya kasus-kasus yang terjadi sebelumnya membuat pihak lain tidak ragu ketika hendak menyerang pegawai KPK lainnya.

Oleh karena itu penyerangan terbaru terhadap KPK harusnya kata dia dapat diselesaikan untuk memutus kekerasan terhadap pegawai KPK.

Terlebih, menurutnya kasus terbaru dinilai cukup mudah karena terjadi di tempat umum.

"Kalau kasus sesederhana ini aja gak selesai ini pasti pertanyaan publik," katanya.

Penganiayaan terhadap pegawai KPK terakhir terjadi pada Sabtu (2/2/2019). Jubir KPK Febri Diansyah mengatakan kejadian penganiayaan itu terjadi menjelang tengah malam di Hotel Borobudur, Jakarta.

Saat itu Pegawai KPK menjadi korban penganiayaan saat ditugaskan untuk melakukan pengecekan lapangan terhadap informasi masyarakat tentang adanya indikasi korupsi.

Dua Pegawai KPK yang bertugas itu mendapat tindakan yang tidak pantas dan dianiaya hingga menyebabkan cedera pada beberapa bagian tubuh.

"Meskipun telah diperlihatkan identitas KPK namun pemukulan tetap dilakukan terhadap pegawai KPK," tulis Febri, Minggu (4/2/2019).

Febri menambahkan untuk memastikan kondisi dan kesehatan pegawainya, KPK telah membawa mereka ke RS untuk dilakukan visum.

"Sekarang tim sedang dirawat dan segera akan dilakukan operasi. Karena ada retak pada hidung dan luka sobekan pada wajah," tulis Febri.


Berdasarkan catatan Wadah Pegawai KPK sudah ada sembilan kasus penyerangan yang terjadi terhadap KPK, antara lain :

1. Penyerbuan dan teror terhadap fasilitas KPK
2. Ancaman bom ke gedung KPK
3. Teror bom ke rumah penyidik KPK
4. Penyiraman air keras
5. Ancaman pembunuhan terhadap penjabat dan pegawai KPK
6. Perampasan perlengkapan penyidik KPK
7. Penculikan terhadap pegawai KPK yang sedang bertugas
8. Percobaan pembunuhan terhadap penyidik KPK
9. Teror bom terhadap ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Baca juga artikel terkait KASUS PENGANIAYAAN atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight