Menuju konten utama

Pasar E-Commerce Indonesia

Pasar e-commerce Indonesia diperkirakan tumbuh hingga 80 persen (YoY) menjadi $7 miliar pada 2016.
Sementara untuk transaksi ritel, diperkirakan mencapai $3 miliar pada 2015, atau 0,6 persen dari total penjualan ritel Indonesia. Penjualan ritel ini diperkirakan naik hingga 1,4 persen pada 2016. 

Pasar E-Commerce Indonesia
undefined

tirto.id - Indonesia merupakan pasar e-commerce yang sangat besar. Pertumbuhannya sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Riset dari Macquarie, pasar e-commerce Indonesia diperkirakan tumbuh hingga 80 persen (YoY) menjadi $7 miliar pada 2016. Angka pertumbuhan itu sama dengan tahun sebelumnya.

Asosiasi e-Commerce Indonesia memperkirakan pasar online Indonesia selama tiga tahun yakni 2014 hingga 2016 mencapai Rp283 triliun. Angkanya bisa mencapai $130 miliar pada 2020.

Sementara untuk transaksi ritel, diperkirakan mencapai $3 miliar pada 2015, atau 0,6 persen dari total penjualan ritel Indonesia. Penjualan ritel ini diperkirakan naik hingga 1,4 persen pada 2016.

Pertumbuhan e-commerce Indonesia ini disumbang oleh membaiknya internet dan juga penetrasi telepon pintar yang sangat pesat. Saat ini, Indonesia tercatat sebagai negara pengguna internet terbesar di Asia Tenggara dengan angka mencapai 75 juta. Saat ini, angka penetrasi internet Indonesia masih sangat rendah yakni 30 persen. Namun, diperkirakan angkanya naik hingga 2 kali lipat pada 2020. Dengan peningkatan penetrasi itu, maka Indonesia bisa menyamai Malaysia.

Baca juga artikel terkait atau tulisan lainnya dari Nurul Qomariyah Pramisti

Reporter: Nurul Qomariyah Pramisti
Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti