Pantai Rekomendasi saat Berkunjung Wisata ke Jepara

Oleh: Yonada Nancy - 27 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Enam pantai yang wajib dikunjungi saat di Jepara
tirto.id - Salah satu kota pesisir di Pulau Jawa yang terkenal dengan wisata pantainya adalah Jepara. Kota kelahiran Raden Adjeng Kartini ini memang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bagi turis lokal maupun mancanegara.

Wilayah Kota Jepara memang tidak terlalu luas, namun yang menarik, kota ini memiliki banyak obyek wisata alam.

Terletak di Utara Pulau Jawa, pantai-pantai di Jepara memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dibanding pantai-pantai yang ada di Selatan Pulau Jawa.

Berikut ini enam pantai yang wajib dikunjungi saat di Jepara yang berhasil dihimpun oleh Tirto:

1. Pantai Kartini

Pantai Kartini merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berada di Jepara. Pantai yang dinamai sesuai dengan nama pahlawan nasional wanita, R.A.Kartini ini berada tidak jauh dari pusat kota Jepara.

Pantai Kartini memiliki ikon kura-kura raksasa yang didalamnya terdapat berbagai akuarium dan kolan yang berisi ikan dan hewan-hewan laut yang eksotis.

Selain itu, tidak sulit jika ingin bermalam di pantai ini. Di dekat pantai terdapat banyak penginapan dan warung makan bagi para wisatawan.

2. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur merupakan tujuan yang tepat jika ingin menutup hari dengan memandang matahari terbenam di Jepara.

Pantai ini dapat ditempuh hanya dengan 15 menit berkendara dari pusat Kota Jepara. Yang menarik dari pantai ini, terdapat banyak penginapan mulai dari guest house hingga hotel berbintang di sepanjang pantai.

Sehingga, pantai ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mencari penginapan kala berkunjung ke Jepara.

3. Pantai Pulau Panjang

Masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Jepara, Pulau Panjang dapat ditempuh sejauh 20 hingga 30 menit lewat perjalanan laut. Tidak sulit menemukan kapal yang berjalan ke Pulau panjang dari Pantai Kartini maupun Pantai Bandengan.

Pulau panjang memiliki area seluas 19 hektar yang sudah dilengkapi dengan warung-warung kecil, musholla, dan gazebo disepanjang pantai. Pengunjung dapat dengan puas menghabiskan waktu bermain air, snorkeling, dan berfoto di pantai berpasir putih dan laut yang jernih.

4. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Jepara. Pantai ini menawarkan pemandangan pasir putih dan air laut yang jernih untuk para pengunjungnya.

Pantai Bandengan juga terkenal dengan wisata olahraga airnya, seperti banana boat, jet ski, dan snorkeling. Namun, pastikan untuk tidak mengunjungi pantai ini dimusim hujan, mengingat ombaknya cukup kuat yang mampu memakan korban jiwa.

5. Pantai Blebak

Terletak di Kecamatan Mlonggo, Pantai Blebak dapat ditempuh selama 20 hingga 25 menit berkendara dari pusat kota Jepara.

Pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Disepanjang pantai masih terdapat banyak pepohonan sehingga membuat pantai ini cukup teduh meski di siang terik.

Di sekitar Pantai Blebak juga terdapat hotel dan penginapan berbintang yang dapat disewa pengunjung yang ingin bermalam.

6. Karimunjawa

Pulau wisata yang satu ini tidak hanya menjadi kecintaan wisatawan lokal, namun juga mancanegara.

Pulau Karimunjawa merupakan salah satu pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Jepara. Pulau ini dapat diakses sekitar enam jam dari Jepara melalui perjalanan laut. Pulau Karimunjawa sendiri menawarkan pemandangan apik pasir putih dan air laut jernih yang berisi berbagai macam terumbu karang.

Sangat cocok melakukan snorkeling di pulau ini. Kebanyakan wisatawan bermalam di Karimunjawa, mengingat di pulau ini banyak terdapat penginapan mulai dari hotel hingga resort.


Baca juga artikel terkait WISATA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight