Panelis Debat Kedua Pilpres Rampungkan Daftar Pertanyaan

Oleh: Bayu Septianto - 15 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tim Panelis Debat Kedua Pilpres sudah menyusun daftar pertanyaan hingga 80 persen.
tirto.id - Tim Panelis Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) putaran kedua hampir selesai merumuskan pertanyaan yang akan diajukan ke dua calon presiden sebagai peserta debat nanti.

Pada H-2 pelaksanaan debat, rumusan pertanyaan yang disusun tim panelis telah mencapai 80 persen.

"Jadi pertanyaan-pertanyaan sudah kami rumuskan ya kira-kira 70 persen hingga 80 persen yang kita finalisasi sampai dengan nanti malam," ujar Koordinator Panelis Sudharto P. Hadi, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2019).


Sudharto menambahkan, tim panelis terus menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada segmen kedua dan ketiga yang merupakan pendalaman visi serta pada segmen keempat yang merupakan debat eksploratif.

Khusus pada segmen ini, kata dia, pertanyaan akan mengacu pada tayangan video yang diputar berkaitan dengan tema pada debat kedua ini, yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Pakar lingkungan Universitas Diponegoro itu yakin pertanyaan-pertanyaan yang dibuat timnya memenuhi semua aspek dalam tema debat kali ini.

"Kita tunggu saja. Kita tunggu pada saat tanggal 17 malam," jelas dia.

Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA), Dewi Kartika memastikan tak ada satupun pertanyaan dalam debat yang bocor sebelum pelaksanaan debat pada Minggu 17 Februari 2019 nanti.

Menurut Dewi, para panelis harus membuat pertanyaan dari lima isu dalam tema debat kali ini, yang dianggapnya sangat kompleks. Sehingga sampai saat ini perkembangan rumusan pertanyaan belum rampung 100 persen.

"Sehingga kami dari tim panelis berupaya pastikan kami memang pertanyaan mencakup 5 tema tersebut secara komprehensif," ucap Dewi.

Debat kedua nanti diketahui mempertemukan capres nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Debat akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta. Debat akan dimoderatori Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki dan akan disiarkan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNCTV, dan iNews TV.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight