Once Upon a Time in Hollywood, Film Tarantino yang Bertabur Bintang

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 1 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis Once Upon a Time in Hollywood: mengangkat kisah industri perfilman di Los Angeles pada tahun 1960-an. Salah satu cerita penting dalam film ini adalah pembunuhan Sharon Tate.
tirto.id - Once Upon a Time in Hollywood telah tayang di bioskop-bioskop Amerika Serikat (AS). Film baru dari Quentin Tarantino ini mengangkat kisah industri perfilman di Los Angeles pada tahun 1960-an. Salah satu cerita penting dalam film ini adalah pembunuhan Sharon Tate, seorang aktris sekaligus model terkenal.

Film ini ditunggu-tunggu para kritikus. Selain karena karya Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood juga dilakoni aktor dan aktris yang namanya moncer, seperti Leonardo Dicaprio, Brad Pitt, Margot Robbie, Timothy Olyphant, Austin Butler, Margaret Qualley, Dakota Fanning, Al Pacino, dan banyak lagi.

Deretan aktor dan aktris itu beberapa kali masuk dalam nominasi penghargaan film seperti Academy Award (Oscar), Golden Globes, BAFTA, AACTA International Awards, dan festival-festival film internasional di sejumlah kota.

Dicaprio dan Pitt beberapa kali masuk nominasi dan memenangkan Piala Oscar. Pada 2016, Dicaprio memenangkan Best Performance by an Actor in a Leading Role lewat film The Revenant (2015), sedangkan Pitt memenangkan Best Motion Picture of the Year lewat film 12 Years a Slave (2013) bersama Dede Gardner, Jeremy Kleiner, Steve McQueen, dan Anthony Katagas.

Margot Robbie masuk nominasi Oscar pada 2018 sebagai Best Performance by an Actress in a Leading Role untuk film I, Tonya (2017). Ia juga masuk nominasi Best Performance by an Actress in a Motion Picture-Musical or Comedy untuk I, Tonya (2017) di Golden Globes 2018.

Selain aktor dan aktris di atas, Once Upon a Time in Hollywood juga dibintangi anak-anak dari aktor-aktris terkenal, di antaranya Rumer Willis dan Maya Hawke, demikian sebagaimana diwartakan People.

Willis (30) berperan sebagai Joanna Pettet, teman dekat Tate (diperankan Margot Robbie). Willis adalah putra tertua Bruce Willis dan Demi Moore. Baru-baru ini dia juga muncul di The Masked Singer di mana ia memamerkan keterampilan bernyanyi.

Selain Willis, ada Margaret Qualley (24). Qualley akan beradu akting dengan Pitt sebagai Pussycat, seorang anggota keluarga Manson yang memikat Cliff Booth.

Aktris yang merupakan putri Andie MacDowell dan mantan model Paul Qualley ini debut akting sebagai putri Justin Theroux di The Leftovers. Qualley mengikuti audisi untuk peran di film Tarantino dan mendapat panggilan untuk melakukan chemistry test dengan Pitt.

"Saya merasa 'tidaaak, ini benar-benar gila!'" kenang Qualley kepada Entertainment Weekly.

Maya Hawke juga berperan sebagai anggota keluara Manson, Flower Child. Putri dari Ethan Hawke dan Uma Thurman ini sebelumnya tampil memukau dalam Stranger Things musim ketiga. Aktris muda itu mengatakan kepada The Hollywood Reporter, dia melakukan persiapan audisi dengan ayahnya.

"Kami mengirim rekaman itu ke Quentin dan saya mendapat panggilan balik," katanya, seperti dikutip People. Ia menambahkan, proses panggilan itu "tidak seperti apa pun yang pernah saya lalui ... kecuali mungkin audisi untuk sekolah drama."

Harley Quinn Smith, yang memiliki peran kecil dalam film, adalah putri sutradara Clerks Kevin Smith dan aktris Jennifer Schwalbach Smith. Smith (20) berperan sebagai anggota Keluarga Manson lainnya.

Once Upon a Time in Hollywood menceritakan Rick Dalton (DiCaprio), bintang TV koboi yang sudah tak tenar lagi dan tetangganya Sharon Tate (Robbie). Rick mencoba untuk mencapai kembali ketenaran dan kesuksesannya di dunia perfilman Hollywood dibantu dengan teman akrabnya yang juga merupakan pemeran penggantinya Cliff Booth (Pitt).

Film ini mendapat rating 9.5/10 di IMDb setelah gala premiere yang digelar pada Selasa (23/7/2019) di Chinese Theatre, Hollywood.

Premiere ini dihadiri lebih dari 900 tamu undangan termasuk selebritas terkenal, seperti Chris Hemsworth, Bradley Cooper, Travis Scott, Snoop Dogg, Rob Lowe, John Stamos, Sofia Vergara and Joe Manganiello, Andy Serkis, Pierce Brosnan, Topher Grace, Walton Goggins, Adriana Lima, and Britney Spears, demikian sebagaimana diwartakan Hollywood Reporter.

Once Upon a Time in Hollywood merupakan film kesembilan karya Tarantino. Ia pernah mengatakan berniat untuk pensiun dari profesinya sebagai sutradara saat melahirkan film yang kesepuluh. Sehingga, filmnya kali ini sangat dinanti oleh para penggemar karena merupakan film kedua terakhir dari Tarantino.

Menanggapi hal tersebut, Dicaprio mengatakan ia juga menantikan film-film Tarantino sebelum ia pensiun. Menurut Dicaprio, Tarantino adalah pembuat film yang sangat unik.

"Saya selalu membayangkan film kesepuluh Tarantino sebagai kotak kecil yang ingin saya pajang di dinding. Itu akan melengkapi seluruh karya Tarantino, dan seperti kalian tahu, itu adalah pengalaman sinematik. Dia adalah pembuat film yang sangat unik,” ujar Dicaprio, sebagaimana dikutip AP News.


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight