Olimpiade Musim Dingin 2018: Korut Tak Ingin Bertemu dengan AS

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 9 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Direktur jenderal departemen Korea Utara, Jo Yong-sam menyatakan pihaknya tak pernah mengemis untuk berdialog dengan AS selama mengikuti olimpiade di Korea Selatan.
tirto.id - Korea Utara menyatakan tidak ingin bertemu dengan pejabat Amerika Serikat selama Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar Jumat (9/2/2018) malam ini di Korea Selatan, kata kantor berita KCNA seperti dikutip Reuters.

Pernyataan tersebut menghilangkan harapan Olimpiade ini menjadi media untuk mengakhiri ketegangan terkait program senjata nuklir Korea Utara.

Wakil Presiden AS Mike Pence yang menyebut Korea Utara negara paling tirani di dunia terbang ke Korea Selatan hari ini menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, kota yang jaraknya hanya 80 km dari perbatasan Utara-Selatan yang sangat dijaga ketat.

Pembukaan Olimpiade akan dihadiri delegasi senior pemerintahan Korea Utara, termasuk adik pemimpin Kim Jong-un, Kim Yong-jong.

"Kami tidak pernah mengemis untuk dialog dengan AS, juga di masa depan," kata KCNA mengutip Jo Yong-sam, direktur jenderal departemen Korea Utara pada Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

"Terus terang kami tak punya niat untuk bertemu dengan pihak AS selama tinggal di Korea Selatan. Kunjungan delegasi kami ke Korea Selatan hanya untuk ambil bagian dalam Olimpiade," kata Jo.

Korea Selatan sendiri ingin memanfaatkan Olimpiade Musim Dingin untuk membuka lagi pintu damai demi mengakhiri salah satu krisis paling berbahaya di dunia itu.

Sebaliknya Pence saat bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo kemarin menyatakan bahwa Washington akan segera menerapkan putaran sanksi ekonomi yang paling keras dan paling agresif terhadap Korea Utara.

Sementara itu dalam pernyataan terbarunya, Wakil Presiden A.S. Mike Pence mengatakan pada Kamis (8/2/2018) bahwa dia akan terbuka untuk bertemu dengan pejabat Korea Utara di Korea Selatan. Meski begitu, dia menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Pence berbicara dengan wartawan sebelum meninggalkan Jepang dalam perjalanan ke Korea Selatan, tempat dia akan memimpin delegasi resmi AS ke Olimpiade Musim Dingin PyeongChang.

"Ada kemungkinan untuk bertemu dengan orang Korea Utara, entah itu informal atau apakah itu berbentuk pertemuan," kata wakil presiden tersebut seperti dilansir kantor berita Yonhap. "Seperti yang saya katakan, kita harus menunggu dan melihat dengan tepat bagaimana kemungkinan itu terbentang."

Komentarnya muncul tak lama setelah Korea Utara mengesampingkan dialog antara delegasi AS di sela-sela Olimpiade PyeongChang yang akan dibuka pada Jumat (9/2/2018).


Baca juga artikel terkait OLIMPIADE MUSIM DINGIN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo