Obat Batuk Alami yang Mudah Ditemukan di Dapur: Jahe, Madu, & Garam

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jenis obat batuk alami yang gampang ditemukan di dapur rumah, mulai dari madu, jahe, kencur, hingga garam.
tirto.id - Batuk merupakan penyakit yang gampang menyerang saat kondisi tubuh melemah, beberapa penyebab batuk termasuk di antaranya alergi, infeksi, asam lambung atau musim yang tidak menentu. Batuk yang dialami biasanya berupa batuk berdahak dan batuk kering.

Batuk sebenarnya bisa disembuhkan dengan ramuan alami atau bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur rumah, seperti garam, jeruk nipis, dan lain-lain. Berikut ini penjelasan obat batuk alami yang gampang ditemukan di rumah.

1. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma, karena sifatnya yang anti-inflamasi. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Tambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk membuat rasanya lebih nikmat.

2. Madu

Menurut laman Medical News Today, madu dapat digunakan untuk meredakan batuk, mengonsumsi madu bisa melegakan tenggorokan saat batuk menyerang.

Untuk mengobati batuk dengan madu, campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal, bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Minumlah campuran ini sekali atau dua kali sehari. Tetapi, jangan berikan madu kepada anak di bawah 1 tahun.

3. Thyme

Thyme adalah salah satu jenis rempah daun asal Mesir yang sangat terkenal. Daunnya mungil berbentuk oval dengan tangkai kecil yang keras. Aromanya sangat harum dan khas. Thyme biasanya sering dipakai orang Yunani sebagai obat herbal, tetapi di negara barat thyme biasa dimasukkan dalam masakan.

Thyme juga memiliki kegunaan untuk batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan.

Untuk mengobati batuk menggunakan thyme, carilah sirup obat batuk yang mengandung ramuan ini. Atau buat teh thyme dengan menambahkan 2 sdt thyme kering ke dalam secangkir air panas. Seduh dan saring selama 10 menit sebelum diminum.

4. Nanas

Nanas memang tidak populer sebagai obat batuk, tapi enzim bromelin yang terdapat di batang dan buah nanas dapat membantu meredakan batuk serta mengeluarkan lendir di tenggorokan, demikian seperti diwartakan HealthLine.

Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain, makanlah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Selain itu, bromelin di nanas juga dapat meringankan masalah sinusitis dan alergi yang berkontribusi pada batuk dan lendir. Kadang juga digunakan untuk mengobati peradangan dan pembengkakan.

Namun, suplemen bromelin tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa yang menggunakan pengencer darah, serta mengonsumsi bersamaan dengan antibiotik seperti amoksisilin, karena dapat meningkatkan penyerapan antibiotik tersebut.

5. Peppermint

Daun peppermint terkenal karena khasiat penyembuhannya. Menthol dalam peppermint bisa menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan, serta membantu memecah lendir atau dahak di tenggorokan.

Tambahkan 3 atau 4 tetes minyak peppermint untuk setiap 150 mililiter air panas, kemudian gunakan sebagai kompres dan letakkan di atas kepala Anda, lalu tarik napas panjang di atas air rendaman.

Jika semua cara sudah dilakukan, namun hasilnya batuk tidak juga reda, sebaiknya segera hubungi dokter untuk perawatan dan pengobatan lebihi lanjut.

6. Kencur

Kencur juga dipercaya mampu mengobati batuk. Orang-orang biasanya meminum sari dari kencur untuk mengurangi batuk mereka.

Kencur ditemukan mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri.

7. Berkumur dengan air garam

Obat sederhana ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Air garam bisa mengurangi dahak dan lendir di tenggorokan saat batuk melanda.

Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Biarkan larutan agak dingin sebelum menggunakannya untuk berkumur. Kemudian kumur dan diamkan beberapa saat sebelum meludahkannya. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik.


Baca juga artikel terkait BATUK atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight