Nusron soal Kaesang-Gibran Sungkem ke Megawati: Harus Ditiru

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 15 Nov 2023 07:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Nusron Wahid mengatakan anak muda perlu meniru adab Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.
tirto.id - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan anak muda perlu meniru adab Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu disampaikan Nusron merespons sungkem Kaesang dan Gibran kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat menjelang pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

"Saya kira itu adalah adab yang baik, yang merupakan harus ditiru oleh anak anak muda," kata Nusron di KPU

Politisi Golkar itu mengatakan langkah kedua putra Presiden Jokowi tersebut menunjukkan kepada anak muda cara menghargai orang lebih tua.

"Bagaimana cara kita menghormati yang lebih tua, menghargai antar sesama dan menyayangi yang muda. Itu hari ini ditampakkan oleh Mas Gibran maupun Mas Kaesang," ucap Nusron.

"Saya kira itu tradisi ke-Indonesiaan yang luar biasa dan harus ditularkan ke anak-anak muda," tambah Nusron.

Di sisi lain, Nusron mengatakan langkah Kaesang dan Gibran itu juga menunjukkan bahwa perbedaan politik tetap saling menghargai.

"Ini kalau tidak dididik dari kecil oleh orang tua tentang adab, tentang sopan santun, tidak mungkin mempunyai jiwa seperti ini. Perbedaan kayak apapun ternyata masih salaman sungkem menghormati orang tua," tutur Nusron Wahid.

Diketahui, hubungan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo semakin renggang. PDIP mulai sering mengkritik pemerintahan Jokowi usai Gibran Rakabuming Raka secara resmi menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Megawati, Gibran dan Kaesang berkumpul di KPU untuk menghadiri pengundian nomor urut capres-cawapres peserta Pilpres 2024. Saat ini, tiga pasangan capres-cawapres telah mempunyai nomor urutt; Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut tiga, dan Prabowo Subainto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua.

Selanjutnya, kampanye capres-cawapres dan caleg akan dimulai pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Artinya para peserta Pemilu 2024 mimiliki masa kampanya selama 75 hari.


Baca juga artikel terkait KAESANG PANGAREP atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Reja Hidayat

DarkLight