The Case Study of Vanitas

Nonton Anime Vanitas no Karte Episode 13 Sub Indo & Streaming IQIYI

Oleh: Dewi Rukmini - 14 Januari 2022
Dibaca Normal 2 menit
Nonton Anime Vanitas no Karte (The Case Study of Vanitas) episode 13 sub Indo, jadwal streaming IQIYI Jumat 14 Januari 2022 pukul 24.00 WIB.
tirto.id - Anime Vanitas no Karte (The Case Study of Vanitas) dengan subtitle (takarir) bahasa Indonesia dapat ditonton secara legal mulai Jumat, 14 Januari 2022 pukul 24.00 WIB di iQiyi. Episode terbaru Vanitas no Carte ini menandai cour kedua, yang alur ceritanya meneruskan akhir cour pertama (Episode 12).

Vanitas no Karte adalah anime bertema vampir yang diadaptasi dari manga judul sama karya kartunis Jun Mochizuki. Versi manga Vanitas no Karte didistribusikan pertama kali oleh Square Enix lewat Majalah Monthly Gangan Joker pada 22 Desember 2015.

Satu tahun kemudian, Square Enix merilis manga Vanitas no Carte dalam bentuk tankobon (volume), dengan tankobon pertamanya dirilis pada 22 April 2016. Hingga 22 Juni 2021, sudah ada 9 volume komik Vanitas no Karte yang terdiri dari total 51 chapter.

Manga Vanitas no Karte juga tersedia dalam versi terjemahan Inggris yang dipublikasikan oleh penerbit Yen Press. Jilid pertama komik Vanitas no Karte versi Inggris diterbitkan 20 Desember 2016, sedangkan volume ke-8 dirilis pada 1 Mei 2021.

Sementara itu, cour pertama anime Vanitas no Karte sudah tayang selama 12 episode sejak 3 Juli hingga 18 September 2021. Penayangan anime ini diproduksi oleh Studio Bones dan diarahkan oleh sutradara Tomoyuki Itamura.

Alur Cerita Anime Vanitas no Karte Cour 1


Anime Vanitas no Karte mengambil plot waktu era bangsawan Paris di pertengahan abad 19. Ceritanya mengikuti seorang manusia bernama Vanitas yang berambisi menyelamatkan kepunahan para vampir dengan kitab legenda The Book of Vanitas.

Di kalangan para vampir, grimoire The Book of Vanitas dicap sebagai kitab terkutuk yang menyebarkan ancaman bagi kaum mereka. Kitab itu mampu membuat vampir melupakan jati dirinya dan menjadi buas haus akan darah manusia.

Oleh karena itu, para vampir berlomba-lomba memusnahkan grimoire milik Vanitas dan menganggapnya sebagai monster. Selain Vanitas memiliki kekuatan yang cukup untuk menghalau ancaman vampir-vampir, kitab itu juga hanya bisa dipakai oleh si Vanitas seorang.

Dalam anime Vanitas no Karte episode 12 "Deux Ombres-Staring Point" yang tayang 18 September 2021 lalu, telah dikisahkan bahwa Jeanne mengajak Vanitas berkencan hingga larut malam.

Pada waktu yang bersamaan tanpa diketahui Vanitas, ternyata August Ruthven sedang mengajak Noe Archiviste makan malam untuk membicarakan hal terkait Vanitas.

Selama kencan itu, Vanitas mengira Jeanne sudah mendapatkan izin dari tuannya yakni Luca. Akan tetapi Luca sedang bersama dengan kakaknya, Bestia Loki di rumah mereka. Vanitas langsung berlari ke hotel ketika tahu Jeanne mendapatkan izin dari pemimpin vampir, August Ruthven.

Saat sampai di kamar hotel, ternyata Noe sedang tidur. Setelah itu, Noe bangun dan membicarakan misi baru dengan Vanitas untuk perjalanan yang akan datang. Dante datang memberikan informasi baru terkait kemunculan La Bete du Gevaudan.

Namun ada yang aneh dengan kondisi Noe, tiba-tiba ia tidak bisa menahan hasrat untuk meminum darah Vanitas yang sangat harum. Seperti kehilangan memori, ternyata Noe tidak ingat jika August Ruthven sudah menanamkan hipnotis pada dirinya.

Hasrat itu mungkin salah satu akibat kekuatan Ruthven. Dia ingin Noe menjadi mata-mata dengan mengungkit ingatan Vanitas. Tanpa bisa menahan, Noe meminta izin kepada Vanitas untuk meminum darahnya.

Tentu saja Vanitas menolak mentah-mentah. Selama berhari-hari Vanitas mendiamkan Noe, tidak mau tidur di kamar hotel dan menghindarinya seharian penuh.

Saat hari keberangkatan mereka ke Gevaudan sudah datang, kondisi pertemanan mereka masih renggang. Noe yang merasa bersalah sengaja tidak mendekati Vanitas sebab takut khilaf.

Vanitas yang tidak tahan dengan rasa canggung di antara partner kerja itu mulai mengajak ngobrol terlebih dahulu. Akhirnya Vanitas mengalah: mengizinkan Noe meminum darahnya yang menempel di baju Vanitas. Cara itu dapat membuat ingatannya tidak bisa dibaca Noe.

Nonton Anime Vanitas no Karte Eps 13 Streaming IQIYI


Dengan kondisi Vanitas dan Noe yang berbaikan, mereka menikmati perjalanan ke Gevaudan tanpa perlu bermusuhan. Namun, perjalanan kali ini tidak akan mudah bagi Noe seperti yang sudah-sudah. Pasalnya, kutukan Ruthven masih akan terus mengikuti Noe kemana pun.

Sementara itu, ada kemungkinan musuh yang ada di Gevaudan adalah dalang di balik Parade Charlatan dan kasus vampir gila selama ini.

Pada akhir episode 12 sempat diperlihatkan seorang gadis bermata biru dan berambut putih di tengah hujan salju. Ia berkata "Akhirnya waktunya telah tiba, di sini, di Gevaudan aku akan membuat lagu pembalasanku bergema di seluruh negeri."

Anehnya gadis itu sedang mengendong sosok gelap tampak seperti Parade Charlatan yang sempat menggegerkan Kota Paris sebelumnya. Mungkin saja di cour kedua anime Vanitas no Karte ini, identitas sang gadis dan Luna si Vanitas the Blue Moon akan terungkap.

Anime Vanitas no Karte episode ke 13 dijadwalkan rilis pada Jumat, 14 Januari 2022. Episode terbaru anime yang tayang pukul 22.00 WIB ini dapat ditonton gratis di platform iQiyi secara streaming bagi pengguna VIP. Penggemar anime yang belum mendaftarkan paket VIP masih bisa melihat cuplikan 6 menit awal episode baru.

Episode 13 anime ini di iQiyi tersedia dalam kualitas video mulai 240p hingga 1080p dengan subtitle (takarir) bahasa Indonesia, Inggris, Vietnam, Malaysia, Thailand dan Mandarin.

Selain Vanitas no Karte, anda juga bisa menonton anime lain di iQiyi, seperti Kimetsu no Yaiba S2 Part 2: Entertainment District Arc, Ousama Ranking, Attack on Titan S4 Part 2, My Hero Academia, One Piece, atau Boruto: Naruto Next Generations.


Baca juga artikel terkait THE CASE STUDY OF VANITAS atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight