Neymar Absen di Copa America 2019 Karena Cedera

Oleh: Permadi Suntama - 6 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Neymar tak bisa berlaga di Copa America 2019 karena cedera.
tirto.id - Neymar dipastikan absen pada gelaran Copa America 2019, setelah mengalami cedera di laga persahabatan melawa Qatar pada Rabu (6/6/2019).

Dalam pertandingan yang berakhir 2-0 untuk kemenangan Selecao, Neymar, ditarik keluar pada menit 24, dan digantikan oleh Everton.

Absennya pemain Paris Saint Germain itu membuat langkah Brasil semakin berat untuk menjadi juara Copa America 2019, yang terakhir kali diraih Tim Samba pada 2007. Namun peluang tersebut masih terbuka lebar, mengingat Brasil akan menjadi tuan rumah.

Pelatih Brasil, Tite, akan mengandalkan Richarlison dan Philipe Coutinho, untuk mengisi posisi Neymar di Copa America 2019, yang akan berlangsung di Brasil, pada pertengahan Juni.

Dalam pengumuman di laman resmi federasi sepak bola Brasil, Neymar mengalami cedera ligamen di pergelangan kaki kanannya, sehingga harus menjalani pemulihan.

"Setelah mengalami cedera ligamen di pergelangan kaki kanannya dalam pertandingan Rabu, melawan Qatar. Neymar diperiksa dan menjalani tes secara menyeluruh dan komplementer yang mengkonfirmasi pecah ligamen di pergelangan kaki," tulis laman resmi federasi sepak bola Brasil, dikutip SkySport.


Akibat cedera tersebut, penyerang Paris Saint Germain, diperkirakan belum bisa berlaga saat gelaran Copa America 2019 berlangsung. Ia pun akan beristirahat dan belum ada kepastian kapan pria berusia 27 tahun ini akan kembali merumput.

"Karena cederanya serius, Neymar tidak akan memiliki kondisi fisik dan waktu pemulihan yang cukup untuk berpartisipasi dalam Copa America Brasil 2019," tambah pengumuman yang sama.

Dilansir dari BBC, cedera yang dialami oleh Neymar, akan membuat pelatih timnas Brasil, Tite, harus memutar otak demi mencapai target, yakni juara. Kendati memiliki pemain sekaliber Richarlison dan Philipe Coutinho, keduanya belum dapat menggantikan peran Neymar di atas lapangan.

“[Neymar], sangat diperlukan tetapi [bukan berarti] tidak tergantikan di tim. Awalnya, Tite, percaya cedera pemain andalannya itu tidak akan sangat serius,” tulis BBC.

Cedera yang di alami Neymar tersebut, sudah pernah di alami oleh pemain jebolan Akademi Santos itu, pada 2018 lalu. Ia pernah menjalani operasi dan beristirahat selama 3 bulan [April-Juni], sebelum akhirnya dapat merumput di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Absennya Neymar akan membuat Dani Alves menjadi kapten utama timnas Brasil. Full back kanan yang juga memperkuat PSG itu sudah menggantiikan Neymar sejak Mei 2019, setelah sang striker dikenai hukuman indisipliner.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Yantina Debora