Nasdem Ingatkan Soal Demokrasi Kala Safari Politik Anies Dijegal

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 1 Des 2022 14:45 WIB
Sekjen Nasdem berdalih rakyat perlu mengetahui proses demokrasi yang transparan sehingga berharap safari politik Anies Baswedan tak perlu ada hambatan.
tirto.id - Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G. Plate berharap pemerintah daerah mau membantu segala kegiatan politik yang dilakukan partai politik. Ia pun mengingatkan bahwa aksi mereka juga demi peningkatan program demokrasi.

Hal ini menyikapi kegiatan bakal calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan yang dibatalkan di beberapa daerah, salah satunya di Aceh.

"Ini kan demokrasi ya untuk kepentingan demokrasi tentu pemerintah daerah perlu juga membantu untuk kelancaran program peningkatan kualitas demokrasi Indonesia," kata Plate di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).


Plate menuturkan, komunikasi siapapun, baik bakal calon presiden, bakal calon anggota DPR, DPRD maupun DPD harus dibuka sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Plate menilai, larangan Nasdem yang dialami di beberapa daerah terjadi akibat masalah administrasi. Ia berharap agar kejadian tersebut tidak terulang di masa depan.

"Positive thinking aja dulu," kata Plate.

Plate mengatakan Nasdem tidak mau menuduh ada pihak tertentu yang menghalangi kampanye Anies. Ia hanya ingin agar komunikasi bisa dibangun dalam berbagai situasi. Pria yang juga Menkominfo ini mengingatkan bahwa rakyat perlu mengetahui proses demokrasi yang transparan dan harus sejalan dengan berbagai pihak.

"Ini kan kerja kolaborasi ya, kerja terkoordinasi ya oleh semua kementerian, lembaga, institusi-institusi yang berkaitan dengan kepemiluan, dengan demokrasi. Nah justru yang kita harapkan adalah bagaimana kita saling membantu dan membuka ruang agar penyelenggaraan ataua agenda-agenda yang terkait dengan pemilu, tidak hanya yang administratif oleh penyeelnggara pemilu, tapi komunikasi politik dengan rakyat dibuka ruangnya," kata Plate.



Baca juga artikel terkait SAFARI POLITIK ANIES BASWEDAN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight