Mudik Lebaran, Lorena Luncurkan Bus Jurusan Jakarta-Madura

Oleh: Maya Saputri - 7 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Lorena Transport Tbk meluncurkan 12 unit bus tingkat (double decker) yang melayani rute utama Jakarta-Madura dan Jakarta-Surabaya-Malang.
tirto.id - Untuk persiapan angkutan mudik Lebaran 2017, Lorena Transport Tbk dan Karina Transport yang bernaung di bawah Lorena Holding Company baru saja meluncurkan 12 unit bus tingkat (double decker) yang melayani rute utama Jakarta-Madura dan Jakarta-Surabaya-Malang.

Dwi Ryanta Soebakti selaku Managing Director Lorena Transport mengatakan pihaknya memilih trayek Jakarta-Madura untuk bus tingkat karena potensi pasar yang besar karena wilayah Madura tidak terjangkau kereta api maupun pesawat terbang.

"Madura itu kandangnya Karina, di sini mayoritas bus adalah Karina. Makanya mayoritas akan kami mainkan ke Madura kemudian ke Malang, tapi utamanya untuk Madura," jelas Dwi Ryanta Soebakti di kantor distribusi Mercedes-Benz Indonesia, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (6/6/2017).

"Madura itu daerah yang potensial karena ada airport enggak di Madura? Itu sudah terjawab," kata dia.

Dwi Ryanta Soebakti mengatakan pihaknya berinvestasi sebesar Rp 3,3-3,4 miliar untuk satu bus tingkat karena yakin dengan potensi pasar dari trayek Jakarta-Madura itu.

Lorena membeli sebanyak 20 unit bus tingkat, dan sudah diserahkan sebanyak 12 unit pada hari ini. Bus-bus itu akan mulai beroperasi pada akhir pekan ini.

"Kita investasi di sini untuk satu double decker itu tidak murah. Jadi tentunya harus memilih daerah yang potensinya tinggi," katanya. "Bisa dihitung berapa investasinya, makanya kami harus mencari tujuan yang berpotensi."

Dwi Ryanta Soebakti menjelaskan estimasi harga tiket untuk tujuan Madura seharga Rp 450-470 ribu.

"Tanggal 11 (Juni) sudah beroperasi di Terminal Pulo Gebang dan Poris Tangerang," pungkas Dwi, seperti diberitakan Antara.

Sementara itu, arus puncak mudik Lebaran 2017 diprediksi akan dimulai pada Jumat, 23 Juni 2017. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal Unggung Cahyono, Selasa (6/6/2017).

Mabes Polri juga berharap pihaknya bisa lebih optimal dalam mengamankan arus mudik, salah satunya melalui jalur Pelabuhan Gilimanuk yang melayani penyeberangan Bali-Jawa.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Humas Polda Bali Ajun Komisaris Besar Hengky Widjaja mengatakan kesiapan pengamanan arus mudik itu dibahas dalam rapat koordinasi lintas sektoral bidang operasional yang dilaksanakan di ASDP Ketapang, Jawa Timur.

Baca juga artikel terkait ARUS MUDIK LEBARAN atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight