MU vs Man City, Dominasi The Citizens di Old Trafford Sejak 2011

Oleh: Permadi Suntama - 24 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dari total 8 kali kunjungan ke Old Trafford di kompetisi resmi sejak 2011, Manchester City tercatat hanya 1 kali tumbang dan menang 5 kali dari Manchester United.
tirto.id - Manchester City akan berkunjung ke Stadion Old Trafford, pada Kamis (25/4/2019) dalam lanjutan laga Liga Inggris dengan kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, di Premier League tim besutan Pep Guardiola memiliki rekor apik saat bertandang ke markas Manchester United itu sejak musim 2011/2012.

Dari total 7 kali kunjungan di kompetisi Liga Inggris, Sergio Aguero dan kolega tercatat hanya sekali tumbang dan menang 5 kali. Hasil itu pun cukup membuat Pep Guardiola percaya timnya mampu meraih poin penuh, kendati tetap mewaspadai kekuatan tuan rumah.

Mantan juru taktik Barcelona dan Bayern Munchen itu tak ingin berteori mengenai catatan apik yang dibuat timnya di Old Trafford sejak 2011. Kendati demikian ia menyebut bahwa pemain The Citizens telah berkembang lebih baik, sehingga mampu mengimbangi Manchester United baik dalam laga derbi, maupun dalam perebutan gelar juara kompetisi.

"Saya tidak membuat teori tentang apa yang terjadi di masa lalu untuk yang akan terjadi di masa depan. Setiap pertandingan [derbi Manchester] benar-benar berbeda. Klub ini [Manchester City] dalam dekade terakhir tumbuh lebih baik, dan tidak menakutkan [lagi bagi kami] jika pergi ke sana [Old Trafford]. Para pemain Manchester City dalam dekade terakhir telah membuat pertandingan [derbi] sedikit lebih berimbang,” kata Pep Guardiola, dikutip Guardian.

Manchester City tercatat tidak pernah menang melawan The Red Devils sejak 1974 hingga 2011 di Old Trafford. Namun hal itu mulai berubah sejak Seikh Mansour, mengambil alih kepemilikan The Citizens. Klub yang bermarkas di Stadion Etihad itu berhasil membalikkan dominasi The Red Devils. Mereka mencatat 9 kemenangan, 2 kali imbang, dan 4 kali tumbang di Liga Inggris sejak 2011.

Kendati demikian, Pep Guardiola menyebut segalanya dapat terjadi di partai derbi. Kedua kesebelasan akan mencoba megeluarkan kemampuan terbaik untuk para penggemar klub masing-masing. Menurut Pep, pemainnya sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan di dalam pertandingan.

“Ini adalah derbi, dan sepanjang sejarah kami bermain melawan [Manchester] United, laga derbi selalu istimewa dan para pemain melakukan yang terbaik untuk para penggemar dan klub,” tambah Guardiola.

"Saya pikir mereka [pemain] tahu bagaimana pada awalnya, seberapa kuat [lawan] mereka dalam hal intensitas. Mereka [Manchester United] akan mendorong dan ingin menekan untuk menciptakan suasana yang baik di Old Trafford, sehingga kami perlu mengantisipasinya,” tandasnya, dikutip laman resmi klub.

Berikut rekor pertemuan Manchester United vs Manchester City di Liga Inggris yang berlangsung di Old Trafford sejak musim 2011/2012-2017/2018.

10/12/17: Manchester United vs Manchester City 1-2
10/09/16: Manchester United vs Manchester City 1-2
25/10/15: Manchester United vs Manchester City 0-0
12/04/15: Manchester United vs Manchester City 4-2
26/03/14: Manchester United vs Manchester City 0-3
09/04/13: Manchester United vs Manchester City 1-2
23/10/11: Manchester United vs Manchester City 1-6.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus