MotoGP 2018 Siap Sajikan Persaingan Ketat

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah pembalap memprediksi perebutan gelar juara musim ini bakal berlangsung seru
tirto.id - Musim kompetisi 2018 di ajang MotoGP bakal berlangsung dan dibuka dengan gelaran seri perdana di sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3/2018) akhir pekan ini.

Pada konferensi pers jelang balapan tersebut, para pembalap saling memprediksi ketatnya persaingan. Valentino Rossi turut memprediksi. Menurutnya, musim ini bakal terjadi persaingan MotoGP paling seimbang.

"Musim ini adalah musim palung seimbang di MotoGP. Saya melihat kecepatan pada tes di Qatai, sebagian dari mereka [yang berpeluang juara] mengikuti sesi konferensi pers ini, ditambah Pedrosa, Rins, Curtchlow, Petrucci. Saya rasa delapan, sembilan, hingga sepuluh pembalap akan bersaing di awal. Setelah itu kandidat juara akan menyempit, tapi banyak yang berpeluang memenangi seri perdana," ujar Rossi.

Ketika ditanyai siapa kandidat juara dalam lingkup lebih sempit, Rossi mengaku kesulitan. Jika mengacu musim lalu, Rossi masih menyimpan kemungkinan prediksi bakal bersinarnya pembalap yang di awal musim tak diprediksi tampil konsisten.

"Ini sulit dikatakan. Musim lalu saya berkata kandidatnya empat orang, tidak ada nama Dovizioso, dan pada akhirnya justru Dovi mampu mencuri perhatian. Jadi ini sulit dikatakan. Saya rasa semua pembalap percaya dengan diri mereka masing-masing," imbuh Rossi.

Di lain pihak, Dovizioso sendiri mengaku tak kalah kesulitan memprediksi. Menurut pembalap asal Italia itu, musim ini ada lima atau enam pembalap yang berpeluang merengkuh gelar juara dunia.

"Semua bisa terjadi. Tentu, dalam beberapa musim terakhir Marc [Marquez] menang, tapi saya rasa persaingan masih terbuka," imbuh Dovizioso.

Dovi tidak menyebutkan siapa lima atau enam kandidat yang ia maksud. Hal serupa pun dilakukan Maverick Vinales.

"Saya rasa mereka sebagian mengikuti sesi jumpa pers ini. Dua atau tiga orang di luar sesi ini juga mungkin. Musim ini akan semakin ketat dan Anda harus siap," tegas Vinales.

Sesi jumpa pers Kamis (15/3/2018) sendiri dihadiri oleh enam pembalap. Mereka adalah Valentino Rossi, Marc Marquez, Maverick Vinales, Johann Zarco, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone.

Latihan bebas seri MotoGP Qatar bakal berlangsung mulai Jumat (16/3/2018) hari ini. Pada Sabtu (17/3/2018) akan dihelat sesi kualifikasi sebelum berlangsungnya balapan di hari Minggu (18/3/2018).

Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight