MONSTA X Berhasil Masuk di Tangga Billboard Pop Songs Airplay

Oleh: Nuraini Ika - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
MONSTA X menjadi artis Korea ketiga yang berhasil masuk top 40 tangga Billboard Pop Songs Airplay selain BTS dan PSY.
tirto.id - Boy group Korea, MONSTA X untuk pertama kalinya berhasil masuk dalam top 40 tangga Billboard Pop Songs Airplay dengan duduk di tangga ke-39 lewat lagu "Who Do U Love?" feat Frensh Montana.

Billboard mewartakan, prestasi tersebut mengantarkan MONSTA X menjadi artis Korea ketiga yang berhasil masuk ke tangga sama setelah BTS dan PSY. Artis Korea dengan ranking tertinggi di tangga Billboard Pop Songs Airplay masih dipegang penyanyi PSY “Gangnam Style” yang duduk di nomor 10 pada 2012. Kemudian ada BTS “Boy With Luv” yang pada awal tahun ini berada di tangga ke-22.

Chart Pop Songs Airplay diukur dari data mingguan lagu pop terpopuler menurut data Nielsen Music dan melihat data mingguan 168 reporting panel dari 40 statiun radio utama di Amerika Serikat.

Lagu “Who Do U Love?” merupakan single MONSTA X yang dirilis pada 14 Juni 2019 sementara music video (MV) lagunya dirilis pada 21 Juni pukul 09.00 am EST dan pukul 22.00 WIB. Jadwal perilisan lagu ini disebut menyesuaikan dengan jadwal dengan waktu Amerika Serikat.

MV lagu “Who Do U Love” diunggah di kanal YouTube MONSTA X, dan pada Jumat pukul 07.00 WIB video klip berdurasi 3 menit 19 detik itu telah dionton hampir 11 juta kali.

Erik Bradley, direktur musik di WBBM-FM (B96) Chicago, mengatakan lagu “Who Do U Love?”, memiliki tempo serta gerakan yang terus dapat diingat dan lirik yang bisa diterima.

"Meskipun 'Who Do U Love?' masih berkembang, kami senang mencobanya karena semua kerja keras yang telah dilakukan oleh artis dan tim mereka sejauh ini untuk mencapai titik ini," katanya sebagaimana diwartakan Billboard.


Bradley menambahkan, lagu "Who Do U Love?" yang menggunakan bahasa Inggris sehingga membuatnya lebih menarik untuk radio A.S.

"Ketika Anda pergi ke sebuah acara K-pop besar Anda tidak dapat membantu tetapi dengan mudah melihat bahwa ada cukup banyak gerakan yang terjadi dan itu adalah sesuatu yang saya ingin stasiun kami terlibat," tambahnya.

MONSTA X baru saja menyelesaikan tur dunia mereka bertajuk We Are Here di 18 kota berbagai negara yaitu Los Angeles, Chicago, New York, Atlanta, Dallas, Mexico, Sao Paulo, Berlin, London, Paris, Amsterdam, Madrid, Kuala Lumpur, Melborne, Sydney, Bangkok dan Seoul.

MONSTA X juga sempat tampilkan lagu “Who Do U Love” di ajang penghargaan Teen Choice Awards 2019. Seluruh personelnya yakni Shownu, Wonho, Minhyuk, Kihyun, Hyungwon, I.M, dan Joohoney tampil fantastis dengan balutan busana nuansa putih, hitam dan biru di acara bergengsi tersebut.

Boy group Starship Entertainment ini mengawali pengembangan sayapnya di daratan Amerika dengan menandatangani kontrak bersama rumah produksi asal Los Angeles, Epic Records. Agensi sama bagi para penyanyi terkenal asal Amerika Serikat, termasuk DJ Khaled, 21 Savage, Camila Cabello, Busta Rhymes, Jennifer Hudson, dan masih banyak lagi.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)


Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Nuraini Ika
DarkLight