tirto.id - Perwakilan Mnet mengumumkan pemenang program survival show populer Produce 101 Season 4 berjudul “Produce_X101” akan menjalani masa kontrak selama 5 tahun. Dilansir Naver pada Rabu (27/2/2019), Mnet juga menyampaikan rencana detail dari program survival tahunan ini.
“Para pemenang yang nantinya menjadi member dari proyek grup ini akan diminta memberikan perhatian dan fokusnya untuk grup selama 2,5 tahun. Sementara itu 2,5 tahun sisanya kami akan mendukung karier mereka secara bebas baik secara individu atau pun grup,” ujar Mnet.
Jika dibandingkan dengan proyek Produce 101 tahun-tahun sebelumnya, maka proyek season 4 ini merupakan proyek terlama yang akan dijalani program survival show ini.
Sebelumnya pada season 1 yang menghasilkan girl group I.O.I, mereka hanya menjalani masa kontrak selama 1 tahun. Pada season 2 yang digawangi boy group Wanna One, mengalami penambahan kontrak menjadi 1,5 tahun.
Sementara season 3 yang saat ini masih menjalani masa kontrak yaitu IZ*ONE mengalami penambahan kontrak menjadi 2,5 tahun.
Season 4 yang rencananya mulai digelar tahun ini akan mengalami penambahan 2 kali lipat dari season sebelumnya menjadi 5 tahun masa kontrak.
Dalam hal ini, Mnet tidak menjelaskan lebih rinci terkait alasan khusus mengapa setiap tahunnya pihak penyelenggara memperpanjang masa kontrak. Jika dibandingkan dengan season 1, maka season 4 ini masa kontrak mengalami 5 kali lipat lebih lama dibanding season perdana.
Kemungkinan besar alasan Mnet memperpanjang kontrak karena bentukan proyek grup ini mendapat sambutan baik dari publik. Menilik proyek season 2 yang baru saja dibubarkan pada 31 Desember lalu, program survival show ini memang berhasil membentuk grup yang berprestasi dan populer yaitu Wanna One.
Berdasarkan data yang dirangkum Tirto, selama masa karier sebagai Wanna One, boy group ini meraih 34 penghargaan dari 12 ajang bergengsi sepanjang tahun 2017 hingga 2018.
Selain penghargaan tersebut, pada Minggu (3/2/2019) pukul 4:45 p.m KST, Wanna One juga berhasil memecahkan rekor melalui video musik bertajuk “Energetic” yang berhasil meraih 100 juta kali penayangan di YouTube.
Dikutip Soompi Minggu (3/2/2019), atas capaian tersebut, MV “Energetic” milik Wanna One bahkan dinobatkan sebagai video musik debut pertama dari boy group Korea yang berhasil meraih 100 juta kali penayangan di YouTube.
Kesuksesan yang diraih Wanna One kemungkinan besar jadi alasan Mnet memperpanjang kontrak dari proyek grup selanjutnya yang rencananya akan membentuk boy group dan dimulai pada April 2019.
Editor: Dipna Videlia Putsanra