Misi Nyaris Mustahil Man United Kalahkan Barcelona di Camp Nou

Oleh: Audy Muhammad Lanta, Fitra Firdaus - 11 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
“Kami bisa melakukannya [membalikkan agregat], tetapi kami tengah bertanding melawan salah satu tim favorit di turnamen ini. Bertandang ke Camp Nou mungkin akan menjadi tantangan," ujar Solksjaer.
tirto.id - Manchester United membawa misi nyaris mustahil menjelang leg kedua 8 besar Liga Champions 2018/2019. Kekalahan 0-1 dari Barcelona di Stadion Old Trafford pada Kamis (11/4/2019) melalui gol bunuh diri Luke Shaw, membuat Iblis Merah dalam dilema. Apalagi, Barca memiliki catatan bagus ketika bermain di kandang.

“Kami bisa melakukannya [membalikkan agregat], tetapi kami tengah bertanding melawan salah satu tim favorit di turnamen ini. Bertandang ke Camp Nou mungkin akan menjadi tantangan," ujar Solksjaer dikutip Telegraph.

"Jika kami berhasil menang (di Camp Nou pada leg kedua), ini akan menjadi pencapaian yang lebih besar (dibandingkan kemenangan atas PSG di Paris), karena dalam sejarah Barcelona mereka tidak terbiasa kalah di kandang," tambah sang juru taktik.

Musim ini, di Liga Champions 2018/2019, Barcelona baru kebobolan dua kali di kandang. Dua gol itu terjadi ketika mereka ditahan imbang Tottenham 1-1 di penyisihan grup dan menang 5-1 dari Lyon di babak 16 besar. Dalam dua laga lain, menghadapi Inter Milan dan PSV, Barca mengalami clean sheet.

Di sisi lain, Manchester United di Liga Champions musim ini sudah mencetak 9 gol dalam laga tandang. Ini termasuk tiga gol ke gawang PSG dalam kemenangan 1-3 di leg kedua babak 16 besar, dan 2 gol saat mengandaskan tuan rumah Juventus 1-2 di penyisihan grup.

Barcelona sendiri, tidak pernah kalah di Camp Nou dalam laga Liga Champions, sejak dipukul 0-3 oleh Bayern Munchen di semifinal kompetisi 2012/2013. Ketika itu secara keseluruhan, Barca tersingkir dengan agregat telak 7-0.



Sejak saat itu, total 30 pertandingan berlalu untuk Barca di Camp Nou, dan mereka meraih 27 kemenangan, ditambah hanya 3 kali seri. Tim-tim yang bisa mengambil angka di kandang Barca adalah Atletico Madrid pada perempat final musim 2013/2014, Juventus di perempat final musim 2016/2017, dan Inter Milan musim ini.

Selain itu dikutip dari BBC, terakhir kali Barcelona kalah dalam laga dua leg di kompetisi Eropa setelah unggul di leg pertama, adalah pada 1984. Artinya, Manchester United mesti menghadapi catatan yang bertahan selama 35 tahun untuk membuat kejutan seperti kala berjumpa PSG.

Di sisi lain, gol bunuh diri Luke Shaw pada Kamis (11/4) dini hari merupakan gol bunuh diri pemain Manchester United yang ke-8 dalam sejarah Liga Champions. Tidak ada tim yang mencetak gol bunuh diri lebih banyak dalam sejarah kompetisi itu daripada United.

Sebaliknya, berdasarkan statistik OptaJose, terhitung sejak musim lalu, top skor Barcelona di Liga Champions adalah Lionel Messi yang mencetak 14 gol, 8 di antaranya terjadi musim ini. Namun, 6 gol lain Barca tercipta lewat gol bunuh diri.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Audy Muhammad Lanta & Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Audy Muhammad Lanta & Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Audy Muhammad Lanta