Menuju konten utama

Mimpi Indofood Kuasai Pasar Eropa

Mimpi Indofood untuk merambah pasar Eropa menjadi kenyataan. Presiden Serbia, Tomislav Nikolic telah meresmikan pabrik mi siap saji milik perusahaan itu di Kota Indjija, sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota negara Serbia, Jumat (2/9/2016). 
Pabrik mi tersebut merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar non-tradisional yang dilakukan oleh Indofood dengan dukungan penuh dari KBRI Beograd.

Mimpi Indofood Kuasai Pasar Eropa
Ilustrasi promosi produk mie Indofood.

tirto.id - Saat kampanye Pilpres 2014 silam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah berujar akan mengubah tugas diplomasi para duta besar Indonesia di luar negeri. Jokowi berjanji akan menginstruksikan para Dubes, terutama di ASEAN untuk menjadi marketing produk usaha Indonesia.

Janji Presiden Jokowi tersebut tidak disia-siakan oleh PT Indofood Sukses Makmur yang berniat mendominasi pasar Eropa dengan produk-produknya. Indofood berhasil mengoperasikan pabrik mi siap saji Indomie di Serbia berkat dukungan penuh dari Kedutaan Besar RI (KBRI) Beograd.

Siaran pers KBRI Beograd yang diterima kantor berita Antara di Jakarta, pada Minggu (4/9/2016) menyebutkan, Presiden Serbia, Tomislav Nikolic telah meresmikan pabrik mi siap saji milik perusahaan itu di Kota Indjija, sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota negara Serbia, Beograd, pada Jumat (2/9/2016).

Pabrik mi itu merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar non-tradisional yang dilakukan oleh Indofood dengan dukungan penuh dari KBRI Beograd.

Disebutkan dalam menghadapi perkembangan zaman, Indomie senantiasa melakukan inovasi dalam melakukan bisnisnya baik inovasi dalam varian-varian produk baru maupun inovasi dalam strategi pemasarannya.

Indofood merasa bahwa penetrasi pasar yang selama ini dilakukan oleh perusahaan itu masih dapat dikembangkan lebih jauh. Karena itu, Indofood ingin lebih mendekatkan Indomie dengan konsumennya di Eropa dan tentunya untuk semakin mendominasi pasar Eropa.

Pabrik yang dibangun di atas tanah seluas lima hektar itu memiliki total nilai investasi sebesar 11 juta euro. Kapasitas produksi yang ada saat ini adalah 500.000 kardus/box Indomie per-bulan dengan distribusi ke seluruh wilayah Eropa. Pabrik yang beroperasi mulai sejak Agustus 2016 telah menyerap ratusan tenaga kerja di Serbia yang mayoritas merupakan generasi muda Serbia.

Perjanjian perdagangan bebas yang dimiliki Serbia dengan berbagai negara di kawasan merupakan salah satu daya tarik yang semakin memperbesar optimisme terhadap suksesnya langkah Indofood di Serbia.

Peresmian pabrik oleh Presiden Nikolic dihadiri oleh kalangan pejabat Serbia, korps diplomatik, pengusaha Indonesia dan Serbia, wartawan dan masyarakat umum.

Dukungan penuh baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Serbia terhadap Indofood merupakan faktor-faktor yang berperan besar pada investasi ini.

Acara peresmian dimulai dengan penampilan seni tradisional Serbia dan Indonesia. Tim tari KBRI Beograd menampilkan tarian tradisional dari Bali "Kembang Girang" dan tari Betawi "Nendak Ganjen".

Peresmian dilanjutkan dengan sambutan Presiden Serbia, Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Gubernur Provinsi Vojvodina, Walikota Indjija dan Direktur Eksekutif Salim Group, Anthony Salim.

Presiden Serbia menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung keberadaan ivestasi milik pengusaha Indonesia di Serbia sebagai langkah konkrit peningkatan hubungan kerja sama ekonomi kedua negara.

Duta Besar RI Harry R.J. Kandou menekankan bahwa kehadiran Indofood di Serbia merupakan bukti nyata dari inisiatif Indonesia untuk memperkuat hubungan dan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi.

Dubes juga menggarisbawahi bahwa KBRI Beograd akan senantiasa memberikan dukungan penuh bagi kalangan bisnis Indonesia dalam menjajaki berbagai peluang bisnis di Serbia dan sebaliknya.

Sebagai perwakilan dari Indofood, Anthony Salim menyampaikan bahwa hubungan kerja sama kedua negara yang semakin erat merupakan suatu landasan bagi suksesnya investasi Indofood di Serbia.

Pengusaha Indonesia tersebut juga mengemukakan bahwa Indofood berharap pabrik ini akan menjadi pintu gerbang bagi Indofood untuk menjangkau pasar di kawasan Eropa.

Baca juga artikel terkait INDOFOOD

tirto.id - Bisnis
Sumber: Antara
Penulis: Abdul Aziz
Editor: Abdul Aziz