STOP PRESS! Polda Metro Jaya Tangkap Pemilik Situsweb Nikahsirri.com

Messi Lunasi Dendam Barcelona Libas Juventus 3-0

Messi Lunasi Dendam Barcelona Libas Juventus 3-0
Ilustrasi. Pemain Barcelona merayakan gol. FOTO/as.com
Reporter: Jay Akbar
13 September, 2017 dibaca normal 2:30 menit
Dalam laga liga Champions musim lalu Juventus menyingkirkan Barcelona dengan skor 3-0 di Turin.
tirto.id - Barcelona berhasil melunaskan dendam kekalahan atas Juventus yang menyingkirkan mereka di fase perempat final Liga Champions musim lalu. Dalam laga pembuka  Grup D Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou pada Selasa (13/9), Barcelona menghajar klub Italia tersebut dengan skor 3-0.

Gelandang serang Blaugrana Lionel Messi menjadi inisiator sekaligus inspirator kemenangan timnya dengan menyarangkan dua gol ke gawang yang dijaga Buffon. Sejak peluit pertandingan dibunyikan, kedua tim tampak saling berusaha mencuri gol lebih dahulu. Namun hingga jelang peluit turun minum dibunyikan, belum ada satu gol pun yang berhasil dicetak kedua tim.

Akhirnya pada menit 45 babak pertama, Messi memecah kebuntuan. Memanfaatkan umpan satu-dua dengan Luis Suarez, Messi memaksa Buffon memungut bola dari gawangnya sendiri. Barcelona unggul 1-0.

Usai turun minum, Barcelona yang tidak diperkuat Arda Turan, Paco Alcacer dan Rafinha, tetap menggencarkan serangan. Messi yang tampil trengginas nyaris menggandakan keunggulan Barcelona jika sepakannya tidak membentur tiang gawang pada menit 52.

Upaya Barcelona menggandakan keunggulan akhirnya terjadi di menit ke 56. Ialah Ivan Rakitic yang berhasil menaklukan ketatnya pertahanan si nyonya tua setelah memanfaaatkan bola muntah hasil sepakan Messi. 

Tapi Messi belum berhenti. Pada menit ke 69 pemain berkebangsaan Argentina itu kembali mengecoh Buffon. Usai menerima operan dari Andres Iniesta dengan cerdik Messi menyeploskan bola ke sudut kanan bawah gawang Buffon. Ini menjadi gol ketujuh Messi dari tiga pertandingan.

Juventus bukan tanpa peluang. Bernardesch dan Paolo Dybala beberapa kali melepaskan tembakan ke gawang Barcelona namun kiper Ter Stegen berhasil menangkis laju bola. Juventus, yang kehilangan lima pemain kunci termasuk jenderal lini belakang Giorgio Chiellini, tampak tidak kuasa meladeni permainan Barcelona. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai.

Baca hasil pertandingan Liga Champions lainnya:

Pogba Cedera, Manchester United Tekuk Basel 3-0

Unggul Satu Pemain Bayern Muechen Hajar Anderlecht 3-0

Pesta 6 Gol ke Gawang Qarabag Chelsea Pimpin Klasemen Grup

Cetak Gol Pertama, Neymar Bawa PSG Libas Celtic 5-0

Sebab kekalahan Juventus

Pelatih Juventus Max Allegri mengungkapkan beberapa hal yang menjadi penyebab kekalahan timnya. Seperti diberitakan Antara, Allegri mengklaim Juventus telah bermain bagus, namun gagal memaksimalkan peluang dan lengah mengawal Messi.

"Anak-anak bermain bagus, namun bila memiliki peluang di sini, Anda harus mengambilnya. Kami dihukum karena kesalahan pertama, 30 detik sebelum turun minum, kami tidak menutup Messi atau melanggarnya, " kata Allegri.

"Setelah istirahat kami mendapat kesempatan besar melalui Paulo Dybala, namun saat ruang itu terbuka, Barcelona justru menjadi sangat berbahaya," katanya.

"Laga ini harus dimainkan dengan pikiran. Kami kebobolan gol pertama dan ketiga dalam serangan balik saat mencoba menyerang," keluh Allegri.

Allegri kemudian mengungkapkan bahwa laga ini sangat berbeda jika dibandingkan pada tahun lalu saat mereka mengalahkan Barcelona 3-0 di leg pertama perempat final Liga Champions, kemudian imbang 0-0 di Camp Nou. "Musim lalu di Turin, Juventus memainkan permainan bagus dan kami memanfaatkan sebagian besar peluang kami untuk menyerang. Ini adalah musim Liga Champions yang berbeda, ini baru awal," katanya.

Ia juga menyinggung permainan Gonzalo Higuain yang tidak memberikan kontribusi besar terhadap performa tim. "Higuain memulai dengan baik. Dia perlu lebih santai dalam permainan ini...Anda membutuhkan kekuatan mental dan bertahan dalam permainan," katanya.

"Dengan peluang yang kami miliki di babak pertama dan kurangnya tekad yang kami tunjukkan saat menyerang, kami bisa meraih hasil," katanya." Jika Anda memberikan ruang untuk Messi berlari, maka dia akan mencetak gol."

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menurunkan Ousmane Dembele yang baru didatangkan dari Borussia Dortmund untuk menghadapi Juventus pada laga pertama fase grup Liga Champions di Stadion Camp Nou, Selasa. Dembele mengisi lini depan Barcelona bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Sedangkan lini tengah dipercayakan pada Rakitic, Busquets, dan Iniesta.

Kubu tim tamu, mengandalkan ketajaman Gonzalo Higuain dan Paolo Dybala. Pada musim lalu, Bianconeri menyingkirkan Barçelona dari Liga Champions dengan kemenangan 3-0 di Turin dan menahan imbang Barcelona di Camp Nou Spanyol.

Susunan pemain dilansir dari Football Italia:

Barcelona: 
Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Dembele, Suarez, Messi
Cadangan : Cillessen, Suarez, Mascherano, Paulinho, Deulofeu, Sergi Roberto, Andre Gomes

Juventus: Buffon; De Sciglio, Barzagli, Benatia, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain, Dybala
Cadangan: Szczesny, Asamoah, Rugani, Sturaro, Bernardeschi, Merio, Caligara

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2017 atau tulisan menarik lainnya Jay Akbar
(tirto.id - jay/nqm)

Keyword